Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Cara Mengatasi Penyakit Kembung Buah Pada Tanaman Cabai

Dijaman modern ini mulai timbul dan diketahui beberapa penyakit yang menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas dari tanaman cabe. Mulai dari hama hingga virus yang menyerang...

Cara Alami Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabai banyak di tanam oleh sebagaian petani di Indonesia, menurut data yang paling besar adalah kelompok petani yang berasal dari pegunungan (tegal). Cabai...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang digunakan untuk pertanian.

Manfaat Penggunaan Plastik Mulsa di Pertanian

penggunaan plastik mulsa

Plastik mulsa memiliki manfaat utama yaitu untuk menghambat pertumbuhan gulma (rumput) yang mengganggu tanaman utama. Gulma inilah yang ikut andil dalam mengambil nutrisi dan pupuk yang kita berikan di tanah. Jadi nutrisi di tanah ikut terbagi dengan rumput liar dan juga tanaman utama kita.

Manfaat lain dari plastik mulsa ini bertujuan untuk memfokuskan pemberian pupuk dan nutrisi di tanah kepada tanaman utama kita.

Jaman dahulu petani masih menggunakan cara manual yaitu dengan mencabuti rumput yang ada di sekitar tanaman utama. Tidak bisa menggunakan herbisida, karena ditakutkan akan mengenai tanaman utama.

Mencabut rumput secara manual ini membutuhkan banyak tenaga yang memperbesar biaya pertanian. Karena hal inilah yang membuat orang berfikir penggunaan plastik mulsa dalam mencegah gulma (rumput mengganggu) dan lebih memfokuskan nutrisi ke tanaman utama.

Cara Penggunaan dan Pemasangan Plastik Mulsa

Plastik mulsa memiliki beberapa ukuran, tergantung dari ukuran bedengan (gunungan) tanah yang akan diolah. Yang paling banyak digunakan adalah ukuran 60cm, 80cm, 100cm, dan 120cm.

bedengan plastik mulsa
Contoh bentuk bedengan sebelum penggunaan plastik mulsa

Setelah tanah diolah biasanya tanah akan dibuat dalam bentuk bedengan dengan ukuran masing-masing, pastikan plastik mulsa yang anda beli sesuai dengan bedengan yang anda buat.

Biasanya plastik mulsa ini akan dilubangi untuk tempat penanaman, lubang pupuk, dan lubang lainnya. Proses pelubangan biasa dilakukan secara manual setelah plastik mulsa diletakan di atas tanah. Ada pula pelubangan yang dilakukan oleh mesin sebelum plastik mulsa tersebut dipasang.

Proses pemasangan tinggal buka mulsa di atas bedengan kemudian tancapkan semacam ajir di ujung dari mulsa tersebut. Sesuaikan panjang dari bedengan kemudian potong.

Kekurangan Penggunaan Mulsa

Tanpa disadari manfaat yang bisa diambil untuk petani, ternyata penggunaan plastik mulsa ini memiliki berbagai kekurangan, mulai dari efek rumah kaca yang kurang baik bagi lingkungan karena warna dari plastik mulsa yang memantulkan cahaya.

Plastik mulsa ini harganya juga tergolong lumayan mahal untuk sekelas petani kecil. Padahal jika dihitung dengan tenaga harian penggunaan plastik mulsa ini bisa menghemat biaya untuk petani itu sendiri.

Ada berbagai merk plastik mulsa yang banyak beredar di masyarakat. Penggunaan plastik mulsa ini biasanya sesuai selera masing-masing. Ada yang kuat bertahan 1 tahun tanaman, ada juga yang hingga 3 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...

Cara Mengatasi Penyakit Kembung Buah Pada Tanaman Cabai

Dijaman modern ini mulai timbul dan diketahui beberapa penyakit yang menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas dari tanaman cabe. Mulai dari hama hingga virus yang menyerang...

Cara Menanam Daun Seledri agar Cepat Panen

Cara menanam daun seledri di rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil. Karena terbatasnya lahan janganlah dijadikan halangan untuk tidak bercocok tanam. Kini lahan sempit...