Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Menanam Sayuran dalam Botol Bekas Termudah

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Menanam sayuran dalam botol bekas dewasa ini merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Karena menanam sayuran tidak harus memerlukan lahan yang begitu luas seperti area persawahan atau perkebunan. Bercocok tanam juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Salah satu contohnya adalah menggunakan botol bekas.

menanam sayuran dalam botol bekas

Keuntungan yang dapat diperloleh dari menanam sayuran dalam botol bekas ini adalah merecycle barang yang sudah tidak terpakai. Kemudian menjadikan barang tersebut mempunyai nilai dan lebih berguna.

Selain itu peletakan tanaman dalam botol bekas ini juga lebih mudah dan praktis. Yaitu dapat memindahkannya sesuka hati selama masih mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup. Penyusunan sayuran dalam botol ini juga dapat memakai susunan vertikal garden. Dimana menanam dengan cara ini akan sangat membantu dalam penghematan biaya.

Menanam Sayuran dalam Botol Bekas dengan Cara Hidroponik

Salah satu cara menanam sayuran dalam botol bekas yang biasa dipraktekan adalah cara hidroponik. Cara hidroponik ini prosesnya hampir tidak menggunakan media tanah sebagai dasar tanaman. Yaitu menggunakan bahan lain dan sebagai wadahnya dipakailah botol bekas ini. Untuk itu, berikut akan disampaikan langkah-langkah cara membuat botol bekas menjadi media hidroponik:

Pemilihan Botol

Pemilhan di sini dimaksudkan untuk menyesuaikan antara jenis tanaman yang akan ditanam dengan ukuran botol bekas yang akan dijadikan sebagai wadah. Untuk tanaman sayur yang berukuran kecil, maka kita bisa menggunakan botol bekas berukuran 500 ml ke bawah.

Jenis botol
wow.tribunnews.com

Untuk tanaman sayur berukuran sedang, maka bisa memanfaatkan botol bekas berkururan 1 liter. Sedangkan untuk menanam sayuran berukuran besar, maka sebaiknya menggunakan botol bekas berukuran 2 liter atau yang lebih besar lagi agar nutrisi tanaman dapat tersuplai dengan baik.

Mengubah Bentuk Botol

Bentuk botol yang masih original biasanya mengecil pada bagian kepalanya. Sehingga ketika melakukan penanaman akan kesulitan juga saat perawatan nantinya.

Potong botol
saatsantai.com

Maka dari itu bentuk semula harus diubah. Caranya bisa dengan memotong 1/3 bagian atasnya. Sehingga bentuknya berubah menjadi seperti 2 gelas besar. Tentu dengan bentuk seperti ini akan lebih leluasa dalam pemakaian dan perawatan. Batang tanaman sayuran ini pun bisa tumbuh lebih maksimal.

Pembuatan Lubang Drainase

drainase
tobikin.com

Langkah menanam sayuran dalam botol bekas selanjutnya adalah memberikan lubang pori-pori drainase. Langkah ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Karena meskipun tanaman memerlukan air tapi tidak harus airnya tergenang. Air yang telah disiramkan ke media tanam harus jadi kering agar tidak terjadi pembusukan akar. Jika tidak hati-hati akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

Untuk itu jika menanam pada botol, lubang drainase langsung harus dibuat. Caranya yaitu dengan menusuk-menusuk dinding atau alas botol memakai jarum besar atau memakai paku berukuran besar. Namun perlu diingat jangan membuat lubang dengan ukuran terlalu besar. Karena dapat membuat kandungan nutrisi media tanam dalam botol akan terbuang sia-sia.

Media Tanam Pengganti Tanah

Media pengganti tanah
bibitbunga,com

Cara menanam hidroponik tanpa menggunakan tanah ini perlu menggunakan media lain pengganti tanah. Maka bahan lain yang dapat dimanfaatkan adalah bisa menggunakan sekam, serabut kelapa , pasir, kerikil bahkan serbuk kayu.

Untuk hasil maksimal, cara mencampurnya harus dengan komposisi yang seimbang. Jadi perbandingan komposisi yang dilakukan adalah 2:2:2:1 yaitu (sekam:serbuk kayu:pasir:serabut kelapa). Setelah keempat bahan pengganti tersebut dicampur dengan merata. Maka masukan ke dalam wadah botol hingga hampir penuh.

Penempatan Botol

Apabila berencana menanam dalam skala besar. Maka harus pintar-pintar dalam mengatur letak dan posisi botol agar dapat disusun dengan rapi. Karena tatanan letak tanaman ini akan berpengaruh pada kemudahan dalam proses perawatan.

penempatan tanaman
ninaherlianaberbagi.blogspot.com

Caranya bisa dengan meletakan secara berbaris di permukaan tanah. Bisa juga dengan membuat rak susun sehingga peletakan botol berbentuk bertingkat-tingkat. Namun peletakan ini tergantung dari jenis tanaman yang akan ditanam.

Kemudian yang tidak kalah penting dari menanam sayuran dalam botol bekas kali ini adalah. Memastikan tanaman diletakan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena penting untuk proses fotosintesis tanaman dan melakukan proses metabolisme.

Sistem Pengairan Tanaman

Infus tanaman
saverinussuhardin.blogspot.com

Sistem pengairan tanaman hidroponik adalah sebuah inovasi yang pada waktu ini masih dalam tahap pengembangan. Langkah ini nantinya akan memudahkan dalam proses penyiraman tanaman. Maka dalam aplikasinya kita membutuhkan selang kecil sebagai alat untuk distribusi air ke setiap botol tanaman.

Bisa dibilang ini adalah metode infus. Metodenya adalah selang yang berukuran kecil tadi dialirkan ke setiap botol. Kemudian selang yang berada di atas botol bisa diberi lubang.

Fungsi dari pemberian lubang ini adalah agar air yang mengalir melalui selang akan mengucur ke media tanaman untuk menyiraminya. Adapun ujung selang dihubungkan dengan wadah penampung air berukuran besar. Sedangkan ujung satunya bisa diberi sumbatan. Jadi tindakan selanjutnya tinggal mengisi air dalam wadah penampung itu. Nantinya air akan otomatis mengaliri ke setiap botol tanaman melalui selang tadi.

Pemupukan Dasar Tanaman

Pemupukan
sukatanam.wordpress.com

Seperti tanaman pada umumnya juga memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh sebab itu, perlu memberikan pupuk dasar yang mengandung nutrisi seimbang bagi tanaman. Salah satu pilihan adalah dengan mencampur pupuk organik dengan pupuk buatan/ kompos dengan komposisi yang lebih seimbang. Jika menggunakan 10 kg pupuk kandang maka bisa dicampur dengan 1 sampai 2 ons pupuk buatan. Pupuk buatan terdiri dari phonska+SP36+KNO3 dengan perbandingannya 2:1:0,1

Perawatan Tanaman

Perawatan
infoterbaruyes.blogspot.com

Langkah menanam sayuran dalam botol bekas selanjutnya adalah Merawat tanaman. Langkah perawatan ini meliputi penyiraman, pemupukan, susulan, serta penyiangan.

Untuk jeda waktu dan ketentuan perawatan ini berbeda-beda pada setiap tanaman. Khusus untuk penyiraman dapat dilakukan setiap hari minimal 2 kali pada waktu pagi dan sore hari.

Hama dan Penyakit

Masalah utama yang sering ditemui oleh petani adalah ditemukannya hama dan penyakit pada tanaman. Jenis hama yang menyerang sayuran botol adalah kutu putih dan ulat. Biasanya timbul bercak pada daun atau batang tanaman.

Kutu putih
agrotani.com

Cara mengatasinya bisa dengan memetik daun atau batang yang terserang hama tersebut dengan menggunakan tangan secara langsung. Namun jika bercak yang ditemukan dalam jumlah yang sangat besar. Maka bisa langsung disemprot dengan pestisida pembasmi hama sampai hama tersebut benar-benar hilang.

Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam dalam Botol Bekas

Sebenarnya tidak semua jenis sayuran dapat ditanam dalam botol. Alasannya media menggunakan botol bekas tidak sebesar pot ataupun polybag yang tersedia di toko-toko pertanian. Kemudian tidak semua tanaman bisa bertahan hidup di media botol yang tentu saja minim unsur hara tanah.

Oleh karenanya, supaya tidak salah dalam memilih bibit yang akan ditanam dalam botol. Berikut jenis sayuran yang dianjurkan untuk ditanam. Yaitu Sawi, bayam, tomat, terong-terongan, kangkung dan cabe.

Tanaman yang sesuai
mitalom.com

Jenis tanaman tersebut di atas ketika sudah tumbuh besar, tidak terlalu memakan banyak media tempat. Tanaman tersebut juga mempunyai daur hidup yang relatif pendek. Sehingga nantinya bisa mengonta-ganti tanaman yang akan ditanam dalam media botol bekas sesuai selera.

Itulah langkah menanam sayuran dalam botol bekas yang tentunya dapat sahabat utama tani kerjakan di pekarangan rumah sendiri. Semoga dengan artikel di atas dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian sayuran kebutuhan dapur sahabat semua. Terimakasih . Selamat menanam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Kangkung di Polybag atau Pot

Cara menanam kangkung di polybag dapat dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif menggunakan biji atau bisa juga menggunakan cara stek. Di mana kedua cara tersebut...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Buah naga dari Biji agar Tumbuh Cepat

Cara menanam buah naga dari biji sebetulnya dapat diperoleh dari buku-buku pertanian, ensikopedi pertanian, dan internet. Namun kadang-kadang panduan tersebut tidak membahas penanaman buah...