Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani memikirkan bagaimana mereka bisa menjadi pemasok sayur dan buah di supermarket.

Di era yang lebih modern sekarang ternyata permintaan sayur dan buah di modern market (supermarket) di Indonesia khususnya semakin meningkat. Contoh modern market di Indonesia mulai dari Super Indo, Transmart, Giant dan sebagainya.

Petani memilih untuk memasukan hasil produksi mereka ke market modern karena memiliki harga yang stabil, tidak dipengaruhi oleh pihak ke tiga seperti tengkulak dan lainya. Sehingga mereka lebih memiliki penjualan yang stabil dan bisa menjaga volume produksi.

cara menjadi pemasok

Namun untuk masuk ke pasar modern diperlukan syarat yang cukup sulit karena hampir semua petani menginginkan untuk masuk ke supermarket. Bagi anda yang ingin masuk ke market modern ada baiknya untuk membaca informasi berikut ini.

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket atau Market Modern

Seperti yang pernah di jelaskan di instagram @utamataniku, bahwa untuk bisa menjadi pemasok suplier sayur dan buah di supermarket ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

menjadi suplier di supermarket

Beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum bisa masuk. Diantaranya adalah :

1. Produk yang berkualitas

Anda harus memiliki produk yang berkualitas tinggi, karena konsumen yang datang ke market modern rata-rata memiliki perilaku membeli produk yang terjaga kualitasnya. Konsistensi dalam kualitas yang sama harus anda punyai, SOP dan standar penanaman yang baik harus di berlakukan di usaha anda.

Utamatani selalu menegaskan jika petani juga pengusaha. Jadi dalam usaha pertanian anda harus di kelola seperti perusahaan besar. Memiliki visi dan misi, sop, kpi dan standar lainnya dalam perusahaan. Karena hal ini akan lebih meyakinkan kepada market modern bahwan usaha pertanian anda adalah usaha yang berintegritas.

2. Sertifikasi Produk Pertanian

Sertifikasi produk pertanian memang opsional, bisa anda punyai atau tidak karena supermarket tidak memintanya, jika anda memilikinya akan menambah reputasi usaha anda. Namun semakin maju konsumen banyak yang mencari sayur dan buah organik. Ada baiknya anda memiliki sertifikasi untuk produk pertanian anda.

Jika anda memiliki sertifikat produk pertanian misalkan sertifikasi organik pertanian dan lainnya. Hal ini akan menjadi pertimbangan yang pasti untuk market modern. Cukup mudah untuk mendapatkan hal ini, tinggal mendaftar dan sediakan syarat ke lembaga sertifikasi terdekat.

3. Perijinan Usaha

Anda wajib memiliki perijinan yang lengkap, terutama SIUP dan NPWP (pajak usaha) anda. Pajak harus aktif dibayarkan setiap tahunya. Karena syarat utama menjadi suplier di supermarket adalah perijinan dari pemerintah.

Perijinan ini yang akan menjadi syarat utama dan menandakan bahwa perusahaan pertanian anda diakui oleh pemerintah. Cukup mudah untuk membuat ijin usaha, apalagi sekarang sudah serba online. Pengusaha harus memiliki prinsip terus berusaha sampai dapat. Jangan memiliki prinsip membuat perijinan itu ribet dan lainnya, hilangkan itu.

4. Database Supermarket (Modern Market)

Anda harus memiliki database atau target dari beberapa supermarket atau modern market terlebih dahulu. Ada baiknya anda list semua market modern yang bersedia menerima produk dari pertanian di Indonesia.

Untuk mendapatkannya anda bisa sering-sering mengikuti komunitas pertanian baik yang ada di kota anda, komunitas pertanian online, maupun yang lain. Bisa juga sering konsultasi dengan PPL pertanian yang ada di kota anda. Biasanya mereka memiliki database atau permintaan sesuatu yang berhubungan dengan pertanian dan peternakan dari PT dan perusahaan besar lainnya.

5. Kantor dan Gudang Stok

Ada beberapa modern market yang melakukan survey langsung ke usaha anda. Untuk hal inilah anda memerlukan kantor, walaupun kantor itu dalam bentuk sederhana sekalipun. Kantor ini bisa anda gunakan untuk briefing, diskusi dan dokumentasi dengan tim perusahaan.

Gudang juga sangatlah perlu untuk menyimpan hasil pertanian sebelum dikirim ke market modern. Produk yang berkualitas juga harus disimpan di tempat yang berkualitas. Gudang ini juga sebagai sarana untuk display jika ada konsumen yang ingin melihat langsung usaha anda.

6. Armada Pengiriman

Armada pengiriman untuk proses pengiriman dari gudang menuju market modern. Mobil box maupun yang lain bisa anda gunakan untuk mengirimkannya.

7. Sampling Produk

Untuk menjadi suplier di supermarket atau minimarket syarat selanjutnya adalah anda harus menentukan sampling produk. Produk unggulan mana saja yang akan anda tawarkan ke minimarket.

Pilihlah beberapa produk yang memang anda kuasai dan telah disurvey permintaan di pasar memang tinggi. Siapkan juga spesifikasi secara tertulis dari produk tersebut misalkan umur tanam, umur simpan jika di suhu terbuka atau suhu dingin, dan sebagainya.

Semakin baik data yang anda siapkan, akan menjadi pertimbangan market modern untuk memilih anda sebagai supliernya.

8. Datangi Bagian Pembelian (Suplier) dari Market Modern

Jika sudah siap beberapa hal di atas, datangi bagian pembelian dari supermarket yang ada di database anda. Bawa beberapa syarat yang diperlukan diantaranya tentang profil dari perusahaan anda, foto sampling produk dan spesifikasinya, sampel produk, dan sebagainya.

Beberapa Kendala dan Solusi Menjadi Pemasok Suplier Sayur dan Buah di Supermarket

cara menjadi suplier sayur buah di supermarket

Cara menjadi pemasok di supermarket atau minimarket memang gampang-gampang susah. Ada beberapa kendala yang sering dialami oleh suplier buah dan sayur pemula ketika akan masuk ke modern market, diantaranya adalah :

Letak Usaha Di Pedesaan

Rata-rata petani terletak di pegunungan yang jauh dari kota. Rata-rata market modern terletak di perkotaan. Hal ini bisa di atasi dengan memiliki 2 gudang yaitu ada di dekat kebun pertanian dan juga di kota yang dekat dengan target market.

Jika anda tidak ingin mengambil modal besar, anda bisa bekerja sama dengan orang yang memiliki gudang di kota dengan sistem bagi hasil. Ataupun bisa anda sewa selama anda mendapat kontrak menjadi suplier di kota tersebut.

Jika anda sudah diterima menjadi suplier dan pemasok sayur buah di supermarket. Anda bisa membuka peluang baru di desa, yaitu dengan menawarkan sistem kontrak dengan beberapa petani agar stok dan kebutuhan market terpenuhi. Tentunya sistem ini sesuai SOP dan standar yang berlaku di perusahaan anda.

Tingkat Persaingan Tinggi

Banyak perusahaan pertanian besar yang menjadi pemasok utama dari supermarket. Tapi anda jangan berkecil hati, prinsip utamatani selalu mengajarkan jangan pernah menyerah untuk mendapatkan sesuatu.

Jika anda memiliki syarat menjadi suplier sayur buah di supermarket di atas. Dengan SOP, standar perusahaan yang baik, manajemen dan sertifikasi yang lengkap, anda siap untuk bersaing dengan mereka. Apalagi jika tim anda dipenuhi dengan SDM yang tinggi.

Keterbatasan Modal

Sebelum anda mengeluh tentang ini anda bisa cari artikel tentang Mindset Keuangan Pengusaha Pertanian di utamatani.com. Jika anda memiliki keterbatasan modal ada beberapa poin yang bisa anda lakukan.

Lebih baik jangan hutang jika anda tidak tahu tentang ilmu hutang, karena jika anda hutang dan belum memiliki ilmunya bahaya. Ada beberapa opsi lain untuk hal ini seperti gunakan modal seadanya atau alternatif yang murah, syirkah atau kerjasama dengan orang lain. Buat konsep yang matang lalu pamerkan konsep anda untuk mencari investor. Dan sebagainya.

Apalagi sekarang sudah ada penyedia kerjasama online yang bisa mencari investor untuk konsep bisnis anda.

Baca juga : Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Itulah beberapa cara untuk menjadi suplier buah dan sayur di supermarket. Sekarang hanya tinggal anda ingin bergerak atau tidak. Jika bergerak sekarang maka peluang lebih cepat anda ambil sebelum diambil orang. Ingat semua petani adalah pengusaha, pengusaha selalu optimis dan tidak memikirkan omongan buruk orang lain. Tetap maju untuk menjadi petani modern dan memajukan perekonomian Indonesia. Karena Indonesia adalah negara yang subur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar (Lengkap)

Cara menanam cabe rawit secara organik maupun non organik sebenarnya prinsipnya sama. Menanam cabe rawit di pot ataupun di polybag tergantung teknik penanamannya agar...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...