Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup di mana saja baik di sawah maupun di rumah. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi kita terutama untuk tikus yang mengganggu.

Memang tikus juga ada yang dipelihara sebagai hewan unik seperti hamster dan lainnya. Tapi kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengusir tikus di sawah maupun dirumah.

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Membasmi tikus ada berbagai macam cara, mungkin pelanggan utamatani.com sudah pernah menggunakan semacam teknologi pengusir tikus dari gelombang suara. Namun mengalami kegagalan. Mungkin tikusnya lebih modern kali ya.

Seperti yang pernah di utarakan di instagram @utamataniku ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus.

cara mengusir tikus

1. Menggunakan Alat Modern Untuk Membasmi Tikus

Ada berbagai macam alat modern selain menggunakan gelombang suara. Memang ada beberapa alat palsu. Namun menggunakan alat modern yang sekarang sudah terjual bebas di marketplace bisa menjadi pilihan anda.

Pastikan sebelum membeli kita lihat review pembeli sebelumnya, apakah berhasil atau tidak. Peralatan modern ini ada banyak mulai dari menggunakan teknologi suara hingga perangkap modern.

2. Obat Tikus

Cara mengusir tikus menggunakan obat tikus merupakan cara membasmi tikus yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Walau tergolong sedikit berbahaya namun hal ini yang paling manjur digunakan.

Berbagai macam obat tikus yang beredar di pasaran mulai dari temix, bentuk beras, bentuk sabun dan sebagainya. Hal penting untuk mengusir tikus menggunakan obat adalah jangan sampai obat tersebut bersentuhan langsung dengan kulit manusia. Karena selain berbahaya bagi manusia, tikus juga tidak mau dengan obat yang sudah bersentuhan dengan manusia.

Berikut beberapa bahan aktif yang biasa digunakan untuk membasmi tikus.

No Merk Dagang Rodentisida Bahan aktif Cara kerja
1 AMMIKUS 65PS belerang 65% racun pernafasan
2 ANTIKUS 0,75 P kumatetralil 0,75% antikoagulan (anti pembekuan darah)
3 BM NOTIKUS 0,005 BB brodifakum 0,005% antikoagulan
4 BORRAT 0,005 BB brodifakum 0,005% antikoagulan
5 ERAKUS 80 P* seng fosfida : 80 % racun lambung
6 KOVINPLUS 80 P* seng fosfida : 80 % racun syaraf dan pernafasan
7 KRESNAKUM 0,005 BB brodifakum 0,005% antikoagulan
8 PETROKUM 0,005 BB brodifakum 0,005% antikoagulan
9 POSPIT 80 P* seng fosfida : 80 % racun syaraf dan pernafasan
10 STORM 0,005 BB flokumafen : 0,005 % antikoagulan

3. Membasmi Tikus Dengan Jebakan

Bagi ibu rumah tangga yang ingin mengusir tikus di rumah, menggunakan jebakan adalah pilihan yang tepat. Karena jika dirumah menggunakan obat tikus tidak direkomendasikan. Ditakutkan akan mengkontaminasi makanan maupun produk lain.

Rekomendasi jebakan tikus yang ampuh banyak ditemukan di youtube maupun di sosial media. Ada yang buat sendiri dan juga ada yang beli. Cara membuat sendiri menggunakan alat seadanya dirumah juga banyak ditemukan.

4. Menggunakan Musuh Alami Tikus

Cara tradisional mengusir tikus adalah dengan melepas musuh alami dari tikus. Beberapa musuh alami tikus seperti ular yang dilepas ke sawah (direkomendasikan ular yang tidak berbisa), burung hantu dan sebagainya.

Cara ini memang sedikit sulit karena di Indonesia beberapa hewan tersebut sudah mulai dilindungi. Atau bahkan di masyarakat sangat jarang memelihara hewan di atas. Bisa juga ketika kita melepas hewan tersebut malah ular kabur entah kemana.

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Sawah Maupun Rumah

cara mengusir tikus

Namun ada baiknya sebelum tikus itu masuk, kita lakukan pencegahan terlebih dahulu. Beberapa cara mencegah tikus masuk ke rumah maupun di sawah adalah sebagai berikut :

Hindarkan Makanan yang disukai oleh tikus, biasanya hal ini terjadi dirumah. Membiarkan makanan tergeltak di meja merupakan hal yang akan menarik tikus. Simpan makanan yang disukai tikus di tempat terbuka. Simpan di lemari maupun ditempat tertutup.

Menggunakan sistem tanam yang tepat, misalkan pada tanaman padi menggunakan sistem tanam serentak dan sistem tanam jajar legowo. Mengolah tanah dengan baik agar populasi tikus dalam tanah mati. Tanam serentak digunakan untuk memotong siklus hama yang sangat luas.

Memperbaiki dan menganalisa jalan masuk atau rumah tikus, jika kita analisa tikus memiliki jalan yang sering mereka lewati. Jika sudah terbiasa lewat jalan tersebut pasti besok akan lewat lagi. Bisa anda amati lewat mana tikus tersebut lewat. Potong jalan tersebut dengan menutupnya. Jika di sawah mungkin bisa kita cari rumah atau gorong-gorong tikus dan berilah racun tepat di rumahnya.

Sistem pemagaran lahan, setelah ditemukan dan dibasmi tikus di lahan tersebut. Bisa dilakukan dengan pemagaran. Biasanya tikus di sawah kita sudah habis namun ia bisa datang dari lahan lain. Lakukan pemagaran lahan jika anda memiliki dana lebih.

Baca Juga : Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket

Itulah berbagai cara mengusir dan mencegah tikus masuk ke rumah maupun ke sawah kita. Ada baiknya untuk selalu update terbaru info pencegahan tikus baik di media online maupun di offline. Mencegah lebih baik dari mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Menanam Sayuran dalam Botol Bekas Termudah

Menanam sayuran dalam botol bekas dewasa ini merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Karena menanam sayuran tidak harus...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen

Cara menanam cabe merah keriting. Jika berbicara tentang cabe mungkin tidak ada habisnya. Karena dari jenisnya saja tanaman ini mempunyai jenis yang banyak, contohnya...