Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Tomat di Polybag (Terbukti Sukses)

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Cara menanam tomat di polybag. Tomat adalah jenis tanaman yang masuk dalam kategori sayuran, meskipun memiliki struktur yang sama dengan tanaman buah pada umumnya. Tomat ini mampu tumbuh baik di daerah dataran tinggi maupun rendah.

cara menanam tomat di polybag
cnnindonesia.com

Yaitu mulai dari ketinggian 0-1.500 meter di atas permukaan laut (MDPL) tergantung dari jenisnya (varietesnya). Untuk tanaman tomat ini sendiri menyukai tanah yang subur dan gembur dengan pH sekitar 5,5 sampai 7

Jika tomat tumbuh di alam bebas maka pohonnya berbentuk seperti tanaman perdu dan tingginya bisa mencapai 3 meter. Tetapi setelah dibudidayakan tinggi tanaman ini tidak akan mencapai 2 meter. Untuk menahan agar tidak roboh biasanya tanaman tomat ditopang menggunakan ajir atau tali.

Tomat dapat tumbuh di berbagai media tanam seperti, lahan terbuka, hidroponik, tanam vertikulur, dan media pot atau polybag. Untuk kesempatan kali ini akan dibahas cara menanam tomat di polybag. Namun sebelumnya akan diperkenalkan dahulu untuk jenis tomat yang baik dibudidayakan di media polybag.

  • Tomat buah. Juga biasa disebut dengan tomat granola, tomat ini berbentuk bulat dengan pangkal yang mendatar.
  • Tomat Gondol. Berbentuk agak lonjong, sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan saus.
  • Tomat Sayur. untuk tomat jenis ini biasa dijumpai di dapur-dapur. Tekstur tomat ini keras dan rasanya pun tidak semanis seperti tomat buah.
  • Tomat Cherry. Berbentuk kecil seperti buah cherry. Rasanya pun bercampur dari tomat buah dan tomat sayur yaitu asam-asam manis.

Cara Menanam Tomat Di Polybag (Lengkap)

Berikut cara menanam tomat di polybag runtut dan lengkap sehingga memudahkan Anda dalam mempraktikannya :

Pemilihan Varietas Tomat

Langkah pertama sebelum menanam tomat di polybag adalah dengan memilih jenis tomat dan varietas. Perlu diingat karena tidak semua jenis tomat cocok dengan semua media tanam. Oleh sebab itu, Perlu sinkronisasi antara lahan, kondisi iklim dan cuaca serta ketinggian tempat dengan varietas tomat.

Varietas tomat
ers2011.wordpress.com

Penting memilih jenis varietas tomat yang cocok untuk daerah Anda masing-masing. Untuk pembaca yang bertempat tinggal di daerah dataran tinggi. Maka dapat memilih tomat dengan varietas berlian, mutiara, berlian atau kada.

Maka jangan sekali-kali memilih varietas ratna, intan, atau CLN. Karena untuk varietas tersebut tidak cocok untuk daerah dataran tinggi. Agar lebih aman Anda bisa memilih tomat GH2 atau GH4. Keduanya sanggup tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Pemilihan Benih

Untuk memperoleh hasil maksimal dalam penanaman tomat di polybag gunakanlah benih yang unggul. Dengan mendapatkannya dari sumber yang dapat dipercaya. Jangan menggunakan benih yang berkualitas buruk karena akan merugikan Anda nantinya.

Untuk benih berkualitas baik bisa didapatkan di toko-toko pertanian pertanian yang terpercaya sesuai dengan varietas yang diingkan. Dalam label kemasan  juga ada informasi mengenai sifat-sifat tomat sehingga dapat dipelajari nantinya.

Benih tanaman tomat
tanpot.blogspot.com

Namun jika ingin berhemat kita bisa membuat benih tomat ini sendiri. Sehingga tidak perlu pergi ke toko untuk membelinya. Berikut langkah-langkah pembuatan benihnya:

  • Pilihah tomat yang akan dijadikan benih.
  • Biarkan tomat tetap tumbuh menua dalam pohonnya.
  • Apabila tomat sudah berumur, ambil tomat tersebut dan bersihkanlah lendir yang ada pada biji tomat.
  • Lalu rendamlah biji tomat menggunakan air bersih.
  • Biji yang siap disemai bisa dilihat dari benih yang tenggelam dalam air.
  • Seleksi kembali biji dengan melihat teksturnya, usahakan biji tidak cacat maupun keriput.
  • Jemur biji di bawah panas matahari sampai kering.
  • Angkat biji pindahkan ke wadah yang bersih dan kering.

Tapi menggunakan biji tanpa membeli benih di toko tidak direkomendasikan untuk pemula. Sebab kita tidak tahu varietas tomat yang akan ditanam.

Penyemaian

Penyemaian benih
petaniberas.blogspot.com

Cara menanam tomat di polybag berikutnya adalah menyemai benih. Yaitu benih yang berawal dari biji menjadi bibit tanaman. Langkah ini penting dilakukan karena benih yang baru tumbuh membutuhkan perlakuan khusus. Cara menanam tomat dari biji ini dimaksudkan agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang baik.

Tujuan dari penyemaian ini supaya daun dan batang tomat dapat tumbuh optimal dan kuat. Dalam proses penyemaian ini. Sebaiknya Anda lakukan pada media yang terpisah dengan penanaman masal nantinya untuk mempermudah dalam perawatan.

Persiapan Media Semai Polybag

Pada persiapan media semai ini, perlu mempersiapkan wadah untuk menyemai benih. Upayakan untuk memilih wadah yang melindungi bibit dari terik matahari secara langsung dan air hujan. Media semai ini dapat menggunakan berbagai macam cara, seperti dengan membuat bedengan, rak semai, dan polybag. Pada kali ini akan dipaparkan media semai menggunakan polybag.

media semai polybag
masfikr.com

Persiapan media semai menggunakan polybag ini maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengisi polybag dengan media semai. Setelah ini, tanam benih dalam tanah sedalam kurang lebih 1 cm. Tutup kembali benih menggunakan tanah tekan pelan-pelan siran dengan air secukupnya. Anda dapat melakukan penyemaian ini dengan menggunakan satu polybag untuk satu benih.

Penyiraman Benih

Penyiraman benih
build-tips.com

Langkah penyiraman benih ini dapat dilakukan dengan menggunakan air bersih sehari dua kali. Dalam menyiram usahakan lebih berhati-hati agar tidak merusak benih. Jika diperlukan Anda dapat memberinya pupuk agar dapat tumbuh lebih sehat.

Waktu pemberian pupuk ini jangan dilakukan secara langsung. Tunggu 2 minggu sejak benih pertama kali disemai. Untuk pemilihan pupuk bisa menggunakan pupuk cair organik, kompos atau NPK. Perhatikan juga untuk membuang gulma yang tumbuh di sekitar benih. Sehingga Anda perlu mengeceknya setiap hari agar pertumbuhan benih tidak terganggu.

Pemindahan Benih

pemindahan benih
petanirumahan.com

Jika sudah menginjak waktu penyemaian selama sebulan. Maka benih tomat yang akan menjadi bibit ini akan siap dipndahkan. Anda dapat melihat dari ciri-ciri bibit yang sudah memiliki daun sebanyak lima helai.

Persiapan Media Tanam

media tanam polybag
build-tips.com

Cara menanam tomat agar berbuah banyak ini akhirnya melangkah ke persiapan media tanam. Dalam hal ini adalah media polybag. Isi polybag dengan media tanam berupa Tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1

Penanaman Tomat

Cara menanam tomat di polybag berikutnya adalah tahap menanam tomat. Dalam tahap ini ada dua cara proses menanam yaitu pertama cara cabut dan berikutnya cara putar. Adapun langkah-langkah menanam dengan cara cabut adalah sebagai berikut:

menanam tomat cabut
merawatbunga.com

  • Sirami media semai dengan air agar tanah menjadi gembur dan bibit mudah untuk di cabut.
  • Cabut bibit dengan hati-hati agar tidak rusak. Upayakan akar bibit tidak putus saat melakukan proses pencabutan.
  • Gemburkan juga tanah untuk media tanam polybag selanjutnya.
  • Tanam bibit secara tegak lurus pada lubang-lubang di polybag yang sudah disiapkan.
  • Aturlah bibit yang tertanam pada polybag. Sesuaikan dengan panjang akar yang ada pada tanaman tomat itu.

Selanjutnya adalah menanam bibit tomat dengan cara putar. Berikut langkah-langkahnya:

penanaman tomat putar
infoagribisnis.com

  • Gemburkan tanah pada polybag benih yang akan diangkat.
  • Angkatlah bibit dengan cara diputar secara perlahan. Bisa juga dengan menyobek plastik polybag. Namun jika plastik polybag ini akan digunakan kembali. Maka cara mengambil bibit bisa dilakukan dengan menarik plastikj polybag ke bawah. Sehingga polybag ini akan tetap utuh dan bisa dimanfaatkan kembali.
  • Selanjutnya pindahkan bibit ke media tanam polybag yang baru. Jangan lupa untuk menggemburkan media tanahnya akar mudah dalam penanaman.

Pemeliharaan Tanaman Tomat

pemeliharaan tomat
echofarmsl.blogspot.com

Untuk pemeliharaan tanaman tomat ini tergolong mudah. Karena untuk tanaman tomat yang ditanam lewat media polybag biasanya kesehatan lebih terjamin. Tanaman juga dapat terhindar dari penyakit atau hama yang menyerang melalui akar. Namun agar tanaman tetap dalam kondisi sehat siramilah tanaman setiap hari dua kali menggunakan air bersih. Jangan terlalu basah dalam menyiram tanaman. Karena akan menimbulkan kebusukan jika penyiraman melebihi anjuran yang sudah ditentukan.

Perhatikan Tumbuhnya Gulma

gulma
ilmubudidaya.com

Sangat penting untuk rutin menyiangi gulma secara berkala. Jika Anda mendapati tanaman yang layu atau mati. Sebaiknya segera cabut dan buang termasuk media tanamnya agar tidak menular ke tanaman yang lain. Perlu memangkas tunas yang mulai tumbuh pada tanaman tomat dan memberikan ajir untuk penopang pada tanaman yang mulai tumbuh tinggi. Hal ini bertujuan agar tanaman yang bersangkutan tidak mudah roboh.

Pemupukan

pemupukan
petanirumahan.com

Pemupukan pada tanaman tomat ini dilakukan jika tanaman sudah berumur kurang lebih satu minggu. Takaran yang diberikan adalah cukup satu genggam tangan orang dewasa pada setiap polybagnya. Pemupukan dapat dilakuan setiap bulannya. Atau jika menemukan tanaman yang dilihat kurang subur. Pemilihan pupuk bisa dengan pupuk buah atau pupuk organik cair pada tanaman tomat tersebut.

Penyemprotan

penyemprotan
pupukterbarukelapasawit.blogspot.com

Jika tanaman tomat terserang hama. Jika hama yang menyerang masih bisa dihitung dengan jari maka dapat mengambil secara manual dengan menggunakan kaos tangan. Buanglah hama, daun yang terserang beserta batang yang terkena hama tadi biar tidak menjalar ke tanaman yang lain. Setelah itu bisa menyemprot tanaman tomat menggunakan pestisida organik alami untuk menanggulangi serangan hama.

Pemanenan

Cara menanam tomat di polybag yang terakhir adalah pemanenan. Umur yang bagus untuk melakukannya adalah jika tomat sudah mencapai umur tiga bulan. Namun ini berpegaruh juga dari varietas tanaman yang dipilih dulunya.

Kriteria tomat yang siap dipanen adalah perubahan warna dari hijau menjadi kekuning-kuningan. Dapat dilihat pula dari tepi daun yang mengering dan batang juga mulai menguning. Lakukanlah pengetikan pada buah yang sudah matang saja.

Panen Tomat
liputan6.com

Perlu dilihat buah tomat ini proses pematangan tidak serentak. Maka lakukan pemanenan tiga hari sekali. Jangan terlalu rapat karena dapat merusak tanaman. Untuk waktu terbaik pemetikan adalah pada pagi atau sore hari, saat paparan sinar matahari tidak begitu panas.

Demikian uraian singkat tentang cara menanam tomat di polybag. Semoga dengan cara ini Anda dapat sukses menanam tomat polybag di rumah. Selamat Menanam.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Daun Seledri agar Cepat Panen

Cara menanam daun seledri di rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil. Karena terbatasnya lahan janganlah dijadikan halangan untuk tidak bercocok tanam. Kini lahan sempit...

Cara Menanam Kangkung di Polybag atau Pot

Cara menanam kangkung di polybag dapat dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif menggunakan biji atau bisa juga menggunakan cara stek. Di mana kedua cara tersebut...