Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini dapat tumbuh setinggi 7-11 meter. Untuk bentuk daun tanaman ini adalah bulat telur dengan memiliki ukuran yang kecil tersusun majemuk dalam satu tangkai pohon.

cara menanam pohon kelor
bangka.tribunnews.com

Manfaat dari daun ini bisa digunakan untuk sayur dan obat-obatan. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan sedangkan tudung pelepah bunga berwarna hijau. Bunga kelor keluar sepanjang tahun dan aromanya menyebar semerbak. Buah kelor bentuknya segitiga memanjang, atau sering disebut dengan kelentang. Buah ini juga bisa dibuat untuk sayuran.

Tanaman kelor di Indonesia umumnya dikenal dengan tanaman mistis dan biasa digunakan dalam kegiatan supranatural. Namun demikian daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Daun kelor ini teruji secara klinis dapat menyembuhkan penyakit-penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, rematik, alergi, dan obesitas. Berbagai manfaat yang didapat tak lepas dari kandungan yang terdapat dari tanaman ini. Yaitu argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylaline, threonine, thryptopan, dan valine.

Cara menanam pohon kelor ini tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Dikarenakan pohonnya bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam budidaya kelor. Maka kita harus tahu cara menanam pohon kelor ini dengan benar dan menggunakan langkah-langkah yang tepat.

Cara Menanam Pohon Kelor Terbaru

Bagi tahap awal penanaman pohon kelor ini persiapan adalah langkah yang sangat penting. Karena kondisi tanah yang subur akan mendukung tanaman kelor tumbuh dengan maksimal. Maka dari itu, diperlukan beberapa tahapan pengerjaan terhadap lahan agar kualitas tanahnya menjadi baik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pemilihan Lokasi Lahan

Persiapan Lahan
rumahdijual.com

Kriteria lahan yang baik sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan diantaranya:

  • Terkena cahaya matahari langsung minimal 6 jam sehari.
  • Dekat dengan sumber air.
  • Mengandung unsur hara yang cukup

Pembersihan dari Hama

Pembersihan hama
gayahidup.dreamers.id

Agar pohon kelor nantinya dapat tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan lahan yang berkualitas. Permbersihan hama yang tumbuh dari lahan ini adalah langkah yang baik. Jika Anda mendapati hanya sedikit gulma yang tumbuh maka, tinggal mencabutnya dan buang jauh-jauh gulma tersebut. Namun apabila gulma (tanaman liar) sudah tumbuh dalam jumlah yang banyak. Maka bisa memanfaatkan hebrisida sehingga akan lebih cepat mematikan gulma pengganggu.

Lubang Tanam

Lubang tanam
Grup Facebook. forum gaharu budidaya

Tips cara menanam pohon kelor selanjutnya adalah dengan membuat lubang tanam. Anda dapat menggunakan cangkul untuk membuat lubang tanamnya. Buatlah lubang dengan diameter sekitar 50-70 cm. Untuk kedalaman lubang tanam ini buatlah sekitar 50 cm.

Pemupukan Dasar

Pupuk Kompos
riomuda.com

Anda dapat menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasarnya. Yaitu dengan memanfaatkan pupuk kandang atau kompos. Cara pemberian pupuk ini adalah masukan pupuk organik secukupnya ke dalam lubang kemudian tutup dengan tanah sampai 3/4 bagian. Setelah itu kita dapat membiarkan lubang minimal 2 minggu agar keadaan pupuk dalam tanah dapat terurai terlebih dahulu.

Pembibitan Pohon Kelor

Dalam pembibitan pohon kelor ada dua metode yang dilakukan agar mendapatkan bibit yang berkualitas. Yaitu dengan metode pembibitan dari biji dan pembibitan dengan cara stek. Untuk kedua metode ini ada keuntungan dan kerugiannya. Berikut penjabarannya:

  • Pembibitan dari Biji

Bibit biji
ilmubudidaya.com

Metode ini yang utama Anda harus memastikan untuk memakai biji yang berkualitas baik dan berasal dari tanaman yang sehat tidak berpenyakit. Cara pembibitan adalah ambil polong kelor yang sudah tua dan hampir busuk. Jemur biji dari polong kelor tadi di bawah sinar matahari kurang lebih selama 5 jam. Jika biji sudah mengering, ambil dan simpan ditempat sejuk (kering).

Selanjutnya buat tempat persemaian dengan menggunakan polybag untuk menumbuhkan biji. Caranya tanamlah biji dalam polybag dan tunggu sampai tumbuh. Apabila tunas kelor ini telah tumbuh maka Anda harus rajin menyiraminya agar bibit tanaman kelor ini cepat tumbuh.

Keuntungan metode biji yaitu akan mendapatkan bibit yang unggul dan tahan terhadap penyakit. Pengakaran tanaman yang lebih sempurna berakibat tanaman akan lebih kuat. Kekurangan metode ini yaitu waktu pertumbuhan yang lebih lama.

  • Pembibitan dengan cara stek

Penggunaan metode ini akan menghasilkan bibit kelor siap tanaman dengan waktu yang lebih cepat. Tata caranya adalah pilihlah pohon kelor besar dengan kondisi sehat. Ambil batang pohon ini dengan usia yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda dengan ukuran 50-70 cm.

Bibit Stek
bukalapak.com/bibit kelor stek berakar

Untuk pengambilan batang ini Anda dapat mengambilnya lebih dari satu batang dalam satu pohon. Siapkan juga media polybag. Tancapkan batang kelor yang akan distek tadi ke dalam polybag. Periharalah dengen menyirami polybag secara berkala. Pembibitan yang berhasil akan terlihat dari batang kelor yang sudah menumbuhkan beberapa tunas.

Tunggulah sampai daunnya banyak dan berukuran lebih besar. Keuntungan menggunakan metode stek ini adalah waktu penumbuhan yang lebih cepat. Untuk kerugian metode ini adalah tanaman yang kurang kebal terhadap serangan penyakit dan tumbuhnya akar yang tidak begitu kuat.

Penanaman Bibit Kelor

Penanaman bibit
flowerian.com

Sesudah didiaamkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Maka pupuk yang ditimbun dalam lubang lahan tadi akan terurai dengan sempurna. Tanah tadi akan menjadi humus yang mengandung undur hara yang baik sehingga siap diserap oleh akar tanaman kelor. Bibit kelor dalam polybag tadi tinggal dibindahkan ke tanah humus. Berikut hal penting dalam menanam kelor ke media lahan yang harus diperhatikan:

  • Bersihkan lubang dari hama menggunakan Insektisida tabur, bakterisida maupun fungisida.
  • Langkah penanaman lakukan pada sore hari untuk mencegah bibit layu pada waktu siang.
  • Plastik polybag dilepas agar tidak ikut tertanam.
  • Secepat mungkin lakukan penyiraman begitu bibit selesai ditanam.

Tahap Perawatan

Siramlah tanaman kelor ini. Waktu penyiraman jangan dilakukan setiap hari. Lakukan penyiraman 5 sampai 7 hari sekali melihat dari kadar air dalam tanah. Hindari tanah di sekitar akar pohon becek dan menggenang air dalam waktu lama karena akan mengakibatkan pembusukan akar. Jadi upayakan saja agar tanah selalu dalam keadaan basah. Meskipun pohon kelor tetap hidup tanpa disirami, tapi dengan menjaga suplai airnya maka tanaman akan tumbuh sehat.

Perawatan kelor
fpkelompok7.blogspot.com

Untuk perawatan selanjutnya adalah pemupukan lanjutan. Pemupukan ini dilakukan satu bulan sekali untuk menjaga suplai unsur hara dalam tanah. Untuk penghematan Anda dapat menggunakan pupuk kandang. Cara menggunakannya adalah dengan menguburnya sekitar akar dengan jarak sekitar 50-80 cm dari akar pohon kelor.

Penanggulangan Hama

Cara menanam pohon kelor berikutnya adalah penanggulangan hama. Meski pohon kelor ini tahan terhadap serangan hama dimana pohon ini tidak mudah mati. Namun akibat serangan hama ini dapat menurunkan produktivitas tanaman.

Hama Penyakit
truebusnews.blogspot.com

Untuk hama serangga seperti ulat, belalang dan rayap maka dapat menggunakan insektisida untuk menanggulanginya. Insektisida ini Anda dapat mendapatkannya di toko-toko pertanian di sekitar Anda.

Hama jamur akan sulit ditangani jika menyerang akar. Maka langkah memberikan fungisida di lubang lahan tadi sangat penting. Agar tanaman tidak layu bahkan mati. Hama bakteri ini jarang menyerang tanaman kelor. Namun efeknya akan lebih cepat menimbulkan kematian pada pohon kelor. Tanda serangan hama bakteri ini dapat dilihat dari daun, ranting, bahkan batang yang perlahan-lahan layu. Cara menanggulanginya adalah dengan mengocorkan bakterisida ke dalam akar pohon kelor.

Pemanenan

Untuk bagian pohon kelor yang dapat dimanfaatkan dalam panen adalah daun dan bijinya. Untuk itu ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memanen kedua bagia itu.

Panen Daun Kelor

panen daun kelor
infoblora.com

Hal yang perlu diperhatikan:

  • Dalam memanen daun gunakan sabit, pisau atau gunting guna menghindari kerusakan pada tanaman kelor.
  • Lakukan pemanenan pada waktu pagi menjelang siang hari agar luka tanaman cepat kering.
  • Usahaka daun kelor yang dipanen dalam kondisi kering supaya tidak cepat busuk saat disimpan atau dikirim langsung. Bila perlu dapat dijemur terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air dalam daun.
Panen Biji Kelor

panen biji kelor
ilmubudidaya.com

Hal yang harus diperhatikan:

  • Pilihlah Buah atau polong kelor yang sudah matang untuk dipanen. Yaitu yang sudah berwarna coklat dan sudah mudah dibuka pada bagian kulitnya.
  • Biji kelor yang sudah diambil dijemur dahulu selama 3-5 jam kemudian simpan ditempat yang sejuk dan kering.
  • Sebaiknya untuk tidak memanjat pohon saat memanen buah karena dahan dan cabang kelor mudah patah. Bisa menggunakan galah panjang untuk memanen buah kelor ini.

Itu dia cara menanam pohon kelor terbaru agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat. Besar harapan kami jika pembaca mengikuti panduan di atas akan sukses dalam penanaman pohon kelor. Terima kasih.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen

Cara menanam cabe merah keriting. Jika berbicara tentang cabe mungkin tidak ada habisnya. Karena dari jenisnya saja tanaman ini mempunyai jenis yang banyak, contohnya...

Cara Menanam Sirih Merah dengan Baik

Cara menanam sirih merah adalah sebuah hal yang tidak sulit atau merepotkan untuk dilakukan. Ada Beberapa langkah yang biasa dilakukan cara menanam sirih merah. Yaitu...

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...