Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa L ini juga merupakan tanaman budidaya sangat penting di Indonesia. Meskipuan dalam kenyataannya produksi padi di dunia menempati urutan ketiga setelah jagung dan gandum. Namun tanaman ini tetap menjadi sumber karbohidrat utama sebagian besar penduduk di seluruh dunia.

Cara menanam padi yang baik
steemkr.com

Sedangkan di Indonesia sendiri padi menempati urutan pertama sebagai makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat. Akan tetapi perlu disayangkan sampai waktu ini produksi padi dalam skala nasional belum mencukupi kebutuhan dalam negri. Dengan kata lain Negara kita belum siap untuk melakukan swasembada beras. Seharusnya sebagai negara agraris dengan hamparan lahan persawahan yang sangat luas, produksi padi di Indonesia sangat melimpah. Bisa dikatakan minimal sanggup memenuhi kebutuhan dalam negri.

Namun begitu mengenaskan sampai sekarang kita hanya bisa mengimpor beras. Celakanya negara kita adalah nomor satu dalam hal impor beras. Sungguh keadaan yang memprihatinkan.

Untuk itu sebagai warga negara yang baik dengan berlimpahnya area persawahan, maka kita perlu memanfaatkannya sebaik mungkin demi majunya bidang pertanian seperti yang pernah dialami saat pemerintahan presiden pertama Soekarno. Pada saat itu bahkan pertanian kita sempat dijuluki sebagai “macan asia”. Maka pembaca yang budiman Anda harus mengetahui cara menanam padi yang baik untuk dapat menghasilkan padi yang memuaskan. Sebaiknya dalam menanam padi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh jangan dilakukan hanya untuk sampingan saja. Sehingga nantinya Anda benar-benar merawat tanaman padi Anda dengan maksimal.

Cara Menanam Padi yang Baik agar Tidak Merugi

Berikut langkah yang dapat dilakukan agar hasil panen padi dapat berhasil dan melimpah. Mohon agar dapat dipelajari dengan lebih seksama:

Persiapan Tanah

persiapan lahan padi
banjarmasin.tribunnews.com

Langkah pertama menanam padi yang baik adalah dengan membersihkan lahan dari rumput liar/ gulma menggunakan parang. Rumput yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk binatang ternak. Jika ada yang kering dapat dibakar.

Buatlah saluran irigasi kemudian aliri lahan menggunakan air. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembajakan sehingga mendapatkan tanah yang gembur dan lunak. Pada langkah penggemburan ini Anda dapat melakukannya dengan menggunakan traktor, Bajak, Jika tanah tidak begitu luas dapat menggunakan cangkul.

Jika tanah sudah terlihat gembur, genangilah lahan dengan air hingga mencapai ketinggian 5 sampai 10 cm. Tata cara mengatur ketinggian air yaitu dengan membuka dan menutup akses keluar masuknya air melalui saluran irigasi. Selanjutnya biarkan air menggenang selama kurang lebih 2 mingguan supaya tanah semakin berlumpur sehingga racun di dalam tanah ternetralisir oleh air.

Persiapan Bibit

bibit padi
8villages.com

Teknik cara menanam padi yang baik berikutnya adalah persiapan bibit yang baik sehingga akan menghasilkan panen padi yang berkualitas bagus. Berikut cara mengetahui benih padi yang berkualitas baik:

  • Lakukan perendaman pada benih padi kira-kira 100 butir di dalam air dalam kurun waktu 2 jam.
  • Benih yang sudah direndam lalu letakan di atas kain basah. Tunggu kemudian hitunglah benih padi yang berkecambah. Jika padi yang berkecambah lebih dari 90 butir. Maka artinya benih itu bermutu tinggi dan baik untuk membudidayakannya.

Penyemaian Padi

penyemaian padi
bocek.sideka.id

Dalam tahap persemaian ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Adapun langkah-langkah nya adalah:

  • Lakukan perendaman pada benih padi dalam waktu sehari semalam. Angkat dan tiriskan biarkan selama dua hari sampai berkecambah.
  • Dilanjutkan dengan mempersiapkan media persemaian padi. Yaitu seluas 500 m2 untuk setiap 1 hektar lahan persawahan. Selalu upayakan agar kondisi tanah berair atau kondisi tanahnya becek berlumpur.
  • Berikutnya pemberin pupuk pada lahan semai dengan takaran 10 gr Urea ditambah 10 gr TSP ( takaran untuk setiap 1 meter persegi  lahan persemaian)
  • Kerjakan proses tanam pada bibit padi yang telah berkecambah tadi pada lahan persemaian yang sudah disiapkan. Cara menanam bibit padi yang baik yaitu dengan menaburkannya secara merata pada lahan semai.

Penanaman Padi

penanaman padi
sarungpreneur.com

Langkah-langkah penanaman padi ini caranya yaitu dengan memindahkan bibit dari lahan semai ke media tanam persawahan. Berikut langkah-langkah yang harus Anda kerjakan:

  • Bibit yang akan ditanam harus dalam umur yang masih muda. Ciri-cirinya adalah bibit baru berdaun 2 sampai 3 helai. Yaitu dalam rentang umur tidak lebih dari dua mingguan ( bagusnya ketika masih berusia 12 hari).
  • Untuk metode penanaman bibit padi adalah, diperbolehkan satu lubang untuk dua tanaman sekaligus. Namun lebih baik untuk satu lubang hanya untuk satu tanaman benih saja.
  • Pada proses penanaman bibit padi ini. Langkah terbaik adalah dengan melihat kondisi tanah jangan sampai tergenang air. Sedangkan untuk kedalaman bibit jangan terlalu dalam antara 1-15 cm. Kemudian buat bentuk perakaran seperti huruf (L), supaya akar dapat tumbuh sempurna.
  • Cara menanam padi yang baik ini harus dilakukan dengan rapi dan sejajar. Alangkah lebih baik dalam menanam padi waktu pengerjaannya adalah dalam satu tahun dilakukan secara dua tahap. Pertama bulan Oktober dan untuk yang kedua adalah media pertengahan bulan April.

Penyiangan

Penyiangan ini adalah membersihkan lahan dari gulma dan tumbuhan liar yang mengganggu. Langkah ini bisa dibilang sangat penting mengingat padi akan terhambat tumbuhnya jika proses penyiangan ini tidak dilakukan secara rutin.

penyiangan padi
hetanews.com

Langkah penyiangan dapat dilakukan ketika umur masa tanam padi telah menginjak umur 3 minggu. Untuk penyiangan berikutnya dapat dilakukan secara rutin setiap 3 minggu sekali. Cara penyiangan adalah dengan mencabut gulma dan rumput liar tersebut kemudian amankan dari lahan tanaman padi yang bersangkutan.

Proses Pemupukan

pemupukan padi
seputarpadi.blogspot.com

Kesuksesan budidaya tanaman padi tidak lepas dari cara memupuk tanaman padi yang benar. Maka dari itu cara memberikan pupuk padi, dilakukan dengan cara:

  • Tahap pertama. Dilakukan saat tanaman berusia 7-15 hari sejak masa tanam. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah urea dan TSP dengan takaran 100:50 kg per hektar.
  • Kemudian pemberian pupuk tahap kedua dapat dilakukan ketika tanaman berusia 25-30 hari. Pupuk yang dapat digunakan adalah urea 50 kg/ hektar dan phonska 100 kg/hektar.
  • Untuk pemupukan tahap terakhir yaitu ketika tanaman ini berusia 40-45 hari. Anda tetap dapat menggunakan pupuk urea dan tambahkan dengan Za dengan takaran 50:50 kg/ hektar.

Waspadai Serangan Hama

Jenis hama yang biasa menyerang padi adalah belalang, tikus, orong-orong, walang sangit hingga wereng. Pengendalian hama yang sangat dianjurkan sekali adalah yaitu dengan cara alami dengan membiarkan hewan pemangsa agar  tetap hidup untuk mengatasi serangan hama tersebut.

hama tikus padi
penyakit-tanamanpertanian.blogspot.com

Misalnya adalah hama tikus. Sebenarnya pembasmian ular sawah di area lahan yang dianggap membahayakan manusia sebenarnya adalah tindakan yang kurang tepat. Sebab habitat ular tersebut dapat menekan perkembangbiakan hama tikus dengan cara memangsanya. Sehingga serangan hama ini dapat dikendalikan dan tidak menganggu.

Dengan cara tersebut maka pengendalian hama penyakit dapat dilakukan secara aman bagi kelangsungan hidup ekosistem sawah. Sedangkan untuk hama penyakit, Anda dapat menyemprotkan pestisida sesuai dengan takaran yang sesuai.

Pemanenan

Menuju cara menanam padi yang baik pada bagian terakhir. Ciri- ciri padi yang siap panen adalah padi/ gabah sudah berwarna kuning dan buah padi terlihat menunduk karena sudah banyak terisi beras. Cara memanen dapat menggunakan sabit bergerigi maupun striper. Sedangkan untuk menghindari kehilangan hasil panen yang banyak.

penen padi
jitunews.com

Upayakan untuk melakukan pemanenan tepat dalam waktunya. Kemudian langsung rontokan padi dari tanamannya setelah disabit. Bisa gunakan terpal atau tikar sebagai alas, agar hasil panen tidak menyebar dan terbuang si-sia.

Pembaca yang budiman, itu dia cara menanam padi yang baik dan sukses. Dengan suksesnya Anda sebagai petani padi. Maka akan mendorong hasil padi dalam negri untuk meroket naik sehingga tanpa perlu lagi untuk impor dari negara lain. Salam sukses. Selamat bertani.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Daun Seledri agar Cepat Panen

Cara menanam daun seledri di rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil. Karena terbatasnya lahan janganlah dijadikan halangan untuk tidak bercocok tanam. Kini lahan sempit...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Menanam Labu Siam agar Cepat Berbuah

Cara menanam labu siam tergolong mudah karena tanaman ini memiliki daya tahan hidup yang baik. Labu siam masuk keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan sehingga cara hidupnya...