Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Labu Siam agar Cepat Berbuah

Cara Mengatasi Penyakit Kembung Buah Pada Tanaman Cabai

Dijaman modern ini mulai timbul dan diketahui beberapa penyakit yang menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas dari tanaman cabe. Mulai dari hama hingga virus yang menyerang...

Cara Alami Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabai banyak di tanam oleh sebagaian petani di Indonesia, menurut data yang paling besar adalah kelompok petani yang berasal dari pegunungan (tegal). Cabai...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara menanam labu siam tergolong mudah karena tanaman ini memiliki daya tahan hidup yang baik. Labu siam masuk keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan sehingga cara hidupnya merambat pada objek atau tumbuhan lainnya. Bagian Labu siam yang dapat dimanfaatkan adalah pada buah dan pucuk mudanya untuk biasa dibuat olahan berbagai macam sayuran

Berbagai macam manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi Labu Siam, diantaranya sangat baik untuk ibu hamil, mencegah penuaan dini, anti kanker, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan badan, dan membantu menjaga kadar kolesterol. Banyaknya manfaat dari Labu Siam tak lepas dari kandungan gizi yang sangat banyak, yaitu diantaranya Asam folat, Fosfor, Zat besi, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, seng, mangan dan juga tembaga.

buah labu siam

Agar dalam menanam labu siam menghasilkan tanaman yang cepat berbuah, maka dibutuhkan cara yang baik untuk memaksimalkan tumbuhan yang akan ditanam, karena usaha labu siam dapat memberikan keuntungan yang banyak yaitu mempunyai nilai ekonomis untuk dijual. Sehingga banyak ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan tanaman ini dijadikan sayur untuk olahan menu makanan sehat.

Cara Menanam Labu Siam dari Buahnya

Untuk memperoleh hasil maksimal dalam upaya menanam labu siam, maka dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Berikut langkah-langkah cara menanam labu siam agar cepat berbuah

Persiapan Lahan yang Baik

Bedengan

Persiapan lahan yang baik sangat menentukan pada pertumbuhan tanaman ini, untuk itu, lahan yang digunakan untuk menanam Labu siam harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Terkena sinar matahari langsung kurang lebih 8 jam sehari
  • Mengandung unsur hara yang cukup
  • Kecukupan pengairan (Sumberair)

Setelah mendapatkan lahan yang memenuhi kritria di atas, dapat dilanjutkan untuk langkah cara menanaman labu siam selanjutnya, namun dapat dilakukan pembersihan, perawatan lahan dari hama dan penyakit pada tanaman labu siam .

Teknik Penggemburan Tanah

Mesin Penggembur Tanah
mesinpertanian.com

Teknik penggemburan tanah dilakukan agar akar labu siam dapat tumbuh menyebar dan menyerap banyak nutrisi , sehingga perlu memastikan keadaan tanah pada area perakarannya sudah gembur. teknik ini juga dapat digunakan untuk meratakan kandungan undur hara di dalam tanah. adapun dalam menggemburkannya dapat menggunakan cangkul atau mesin bajak.

 Pemupukan

Pupuk buah labu siam adalah pemberian nutrisi pada tanah saat labu siam berada dalam nasa tanam. Jenis pupuk yang baik adalah pupuk kandang karena selain harganya terjangkau juga bersifat organik sehingga sangat baik untuk tanaman ini, Selain itu juga bisa menggunakan pupuk NPK jika proses penanaman pada musim kemarau. agar pemupukan berjalan dengan baik berikut teknik cara pemupukan  labu siam agar cepat berbuah:

  • Sebelumnya dibuat lubang pada bagian tengah tanah gembur yang sudah dibuatkan alur tanam yang memanjang
  • taburkan pupuk kandang disepanjang lubang alur tanam
  • tebarkan pupuk NPK tipis diatasnya dan jangan terlalu banyak
  • Dengan menggunakan cangkul campur pupuk kandang dan NPK merata dengan tanah
  • Bentuk bendengan dengan baik dengan cara tutup kembali lubang-lubang alur tanam

Pembuatan Bedengan

Bedengan adalah gundukan tanah yang sengaja dibuat petani untuk menanam sayuran (lebar dan tinggi tertentu). Terdapat parit diantara keduanya, untuk mengalirkan air yang digunakan untuk aerasi tanah atau kelembapan tana. Dalam hal cara menanam labu siam dari buahnya ini tinggi badengan sekitar 10-20 cm dengan lebar 40-60 cm.

cara membuat bedengan
Cara Membuat Bedengan – Youtube

 

Untuk mengurangi penguapan air dan mencegah tumbuhnya rumput liar yang dapat mengambil nutrisi makanan dalam tanah. maka bedengan yang ada harus ditutupi plastik mulsa dengan baik.

Pembenihan

pembenihan
budidayacabe.ptnasa.net

Budidaya labu siam dilakukan dengan cara generatif yaitu menggunakan benih, sehingga analisa budidaya labu siam dapat diruntutkan dari persiapan pembenihan. yaitu sebagai berikut:

 Pemilihan Biji

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan biji:

  • Usahakan memilih biji dari buah labu yang normal dan ukurannya besar, dalam hal ini dapat memeilih benih/ bibit baby atau buah labu yang sudah matang bahkan hampir busuk.
  • Biji labu siam dicuci bersih lalu jemur pada panas matahari selama tidak lebih dari 3 jam.
  • Setelah dijemur dan menjadi kering biji disimpan pada wadah (tempat yang sejuk/teduh)

Penanaman biji di Polybag

Berikut langkah-langkah cara menanaman labu siam yaitu biji pada polybag:

 

  • Tanah humus disiapkan, diayak agar bebas dari kerikil
  • Setelah tanah diayak masukan ke dalam plastik polybag kecil dan tata pada satu wadah.
  • Sebelum ditanami biji labu siam siram tanah pada polybag lalu buatlah lubang seukuran biji labu siam dengan kedalaman sekitar 1 cm.
  • Masukan biji labu siam ke dalam plastik polybag dan tutup dengan taburan tanah tipis di atasnya.

Setelah itu kita dapat menempatkan plastik polybag lokasi yang sejuk jangan sampai terkena paparan sinar matahari langsung.

Perawatan pada Benih/ Bibit Labu Siam

Perawatan benih/bibit labu siam baby ini dilakukan sejak benih labu siam mulai tumbuh, maka perawatan yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pindahkan polybag pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung agar batang tanaman menjadi kuat.
  • Siram benih 1-2 kali sehari
  • Campurkan pupuk organik cair saat menyiram agar benih labu siam cepat besar dan tumbuh subur

Butuh waktu satu minggu agar benih dapat dipindahkan ke bedengan yaitu setelah muncul daun ketiga.

Proses Cara Menanaman Labu Siam (Bibit) pada Bendengan

menanam labu siam
situsbunga.com

Bibit labu siam siap dipindahkan ke bedengan setelah berumur satu minggu atau lebih. Maka dari itu, perlu diperhatikan tata cara menanam labu siam dengan benar:

  • Usahakan bendengan dalam keadaan basah
  • Membuat lubang tanam pada plastik mulsa bedengan berkedalaman 10cm
  • Gunakan Insektisida dan fungisida pada lubang agar terindah dari serangan jamur dan serangga pada akar yang akan tumbuh.
  • Untuk menghindari tanaman layu karena kepanasan, lakukan pemindahan bibit pada sore hari
  • Usahakan penanaman bibit selesai dalam satu waktu
  • Lakukanlah penyulaman pada lima hari pertama. Gantilah bibit yang mati atau yang tidak normal dalam pertumbuhannya. Adapun tujuan peyulaman adalah untuk meratakan pertumbuhan tanaman.

Setelah berjalan lima hari pertama maka penyulaman bisa dihentikan dulu, dan dilanjutkan pada perawatan tanaman berikutya.

 Teknik Perawatan Labu Siam

Dalam upaya perawatan tanaman labu siam, ada beberapa langkah yang dapat diambil, yaitu:

Penyiraman Tanaman

menyiran tanaman labu siam
gudangbibit.com

Manfaat penyiraman adalah agar labu siam tersuplai air dengan baik, Dalam kurun waktu satu bulan pertama kegiatan ini dapat dilakukan sebanyak tujuh hari sekali atau menyesuaikan keadaan cuaca sekitar. Apabila tanaman beranjak dewasa, maka waktu penyiraman harus semakin dekat yaitu empat hari sekali, terutaman saat tanaman mulai berbuah. Hal-hal yang harus diperhatikan saat menyiram labu siam adalah

  • Waktu menyiram di pagi hari
  • Jika tanah masih dalam keadaan basah dikarenakan air hujan maka bisa dihentikan dulu untuk jadwal penyiraman
  • Bisa menggunakan selang/ mesin pompa dalam mengalirkan air ke sela-sela bedengan agar mempercepat proses penyiraman

Pupuk Labu Siam Susulan

Pupuk Labu siam susulan ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuahan tanaman dan memberi tambahan nutrisi pada tanah. Bagian yang dipupuk yaitu pada akar dan daun tanaman. Khusus untuk bagian agar dapat menggunakan NPK 15-15-15 yang dilarutkan dengan air, perbandingannya adalah setiap 35 liter air dapat dilarutkan dengan satu gelas NPK 15-15-15. cara pemupukan adalah alirkan larutan pupuk pada bagian akar dengan inerval kurang lebih sepuluh hari sejak hari pertama bibit ditanam ke bedengan.

Langkah cara menanam labu siam selanjutnya adalah pemupukan pada daun labu siam yang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat semprot. Gunakan pupuk organik dengan dosis yang sesuai dengan takaran pada kemasan. Waktu penyemprotan adalah 7-10 hari sekali, penting untuk memperhatikan kondisi tanaman karena biasanya pada musim penghujan tanaman tumbuh subur dikarenakan kandungan nitrogen pada air hujan, sehingga penggunaan pupuk susulan dapat dihemat.

Pemberian Ajir untuk Rambatan

Labu siam adalah tanaman yang menghasilkan buah menggantung yang hidupnya dengan cara merambat, sehingga perlu memberikan ajir pada tanaman yang sudah berumur sekitar 2 minggu.  Ajir adalah alat penegak yang terbuat dari batang bambu atau tongkat bilahan bambu berfungsi sebagai penyangga batang, tempat bersandar pohon atau merambatnya untuk tanaman labu siam dan sejenisnya, sehingga dengan ajir ini buah yang dhasilkan dalam kondisi sempurna dan buah tidak mudah busuk.

Hama dan Penyakit pada Tanaman Labu Siam beserta Cara Menanggulanginya

Penjelasan di atas adalah cara menanam labu siam agar cepat berbuah, untuk itu tidak ada salahnya jika bahasan selanjutnya adalah tentang hama-hama yang mengganggu pertumbuhan tanamana labu siam.

Berikut jenis hama dan cara menanggulangi hama pada tanaman labu siam:

Hama Jamur

Hama ini biasa menyerang pada bagian akar dan daun tanaman. adapun jenis hama jamur yang biasa menyerang adalah antraknosa, busuk daun dan embung tepung. Tanaman ini sebenarnya cukup tahan dengan serangan hama jamur, namun ada baiknya untuk usaha pencegahan

Tanaman labu siam yang terkena jamur ciri-cirinya adalah tanaman akan layu pada siang hari dan kembali segar pada sore hari, jika dibiarkan lama-kelamaan akan parah dan mati. jika melihat kejadian ini segera kocorkan fungisida di bagian akar, namun jika yang terserang pada bagian daun maka semprot pada daun yang terserang dan area sekitar tanaman agar mencegah penyebaran jamur.

Hama Bakteri

Bakteri yang menyerang adalah bakteri pantogen, bakteri ini muncul biasanya pada musim penghujan karena kadar kelembapan yang tinggi, pada musim ini bakteri dapat berkembang pesat dan menyerang bagian akar dan buah tanaman. Sebenarnya gejala hampir sama dengan tanaman labu siam yang terserang jamur, namun bedanya tanaman akan cepat mati jika terserang bakteri ini. maka gunakanlah bakterisida untuk menanggulangi serangan hama ini.

Hama Serangga

Serangga yang menyerang adalah hama serangga seperti ulat grayak, lalat buah, uret dan belalang. Hama ini bisa menyerang daun dan buah, adapaun cara mengatasinya adalah dengan menyemprotkan insektisida pada area yang terserang hama. Namun khusus hama uret dapat dilakukan dengan mengocorkan insektisida ke bagian akar.

Demikian artikel cara menanam labu siam dan jenis dari hama dan penyakit pada tanaman labu siam. Sebelum masuk tahap panen harus diintensifkan untuk masa perawatan terutama saat penanggulangan gangguan hama, agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang melimpah, dan untuk masa panen dapat dilakukan setelah labu siam berumur sekitar 120 hari (4 bulan).

Selamat mencoba cara menanam labu siam di lahan Anda atau saudara Anda. Semoga hasil panen Anda melimpah. Jangan lupa untuk membaca artikel lain dari kami. Terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Sayuran Organik bagi Pemula di Pekarangan Rumah

Cara menanam sayuran organik adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan apalagi kalau dilakukan oleh pemula karena pada kondisi ini para pemula yang sedang belajar berkebun...

Cara Menanam Sawi Hijau agar Subur dan Hasil Melimpah

Cara menanam sawi hijau sangat membutukan tenaga yang ekstra untuk perawatannya. Namun tanaman bernama latin Brassica sinensis L ini tidak begitu sulit dalam perawatan...

Cara Menanam Kangkung di Polybag atau Pot

Cara menanam kangkung di polybag dapat dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif menggunakan biji atau bisa juga menggunakan cara stek. Di mana kedua cara tersebut...