Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Kangkung di Polybag atau Pot

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut denganĀ Rattus argentiventerĀ bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

cara menanam kangkung di polybag
menanampohon.com

Cara menanam kangkung di polybag dapat dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif menggunakan biji atau bisa juga menggunakan cara stek. Di mana kedua cara tersebut sangat mudah dalam prakteknya. Tinggal bagaimana perawatan dan kehati-hatian dalam penanamannya.

Untuk habitat asli dari kangkung sendiri biasa ditemui di persawahan atau area sungai. Sehingga untuk media tanam di lahan yang luas, perawatan tanaman ini tidak begitu merepotkan. Hanya saja untuk media polybag yang kali ini akan dipakai perlu langkah yang tepat agar tanaman yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Sekedar info, di Indonesia tanaman kangkung merupakan sayuran yang dianggap sangat menjanjikan karena banyaknya penikmat makanan ini. Mudahnya pengolahan dan dewasa ini kangkung juga bisa diolah menjadi masakan yang menggiurkan lidah. Sayuran ini juga kaya akan gizi serta bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh.

Cara Menanam Kangkung di Polybag dengan Cara Termudah

Sebelum menuju ke langkah-langkah cara menanam kangkung di polybag. Ada baiknya mengetahui manfaat sayuran kangkung dan jenis kangkung yang dapat ditanam. Berikut manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi kangkung:

  • Kaya akan kandungan selenium, zinc, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan serat. Gizi di atas berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Juga mengobati berbagai penyakit seperti insomnia, sembelit dan mencegah anemia.
  • Sayuran ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan hati dan usus, dari serangan parasit yang merusak tubuh.

Untuk jenis kangkung yang dapat dibudayakan di indonesia adalah kangkung darat dan kangkung air. Perbedaan dua jenis kangkung ini adalah kalau kangkung darat ukuran batang lebih kecil. Warnanya putih kehijauan tekstur daun lebih lunak dan tumbuh di tempat yang kering. Sedangkan kangkung air memiliki batang besar berwarna hijau pekat. Daunnya berukuran lebih lebar dan tekstur lebih keras serta mempunyai warna bunga putih kemerahan. Kangkung air ini dapat hidup ditempat basah seperti rawa, sungai atau genangan pada area persawahan.

Setelah memahami manfaat dan jenis kankung. Berikut adalah langkah-langkah menanam kangkung di polybag:

Menyiapkan Bibit

Langkah pertama cara menanam kangkung di polybag adalah persiapan bibit kangkung dahulu. Ketika akan menanam kangkung. Sebenarnya bisa langsung menanam atau melewati tahap penyemaian terlebih dahulu. Yang harus disiapkan adalah tanah yang telah digemburkan kemudian dicampur dengan pupuk kompos.

Bibit
faunadanflora.com

Perlu dibuatkan tempat penyemaian berbentuk gundukan tanah atau tegalan. Setelah dibuat didiamkan kurang lebih selama 1 malam. Lalu sebarlah biji kangkung secara merata dan tutup kembali menggunakan tanah. Untuk menjaga kelembaban tekstur tanah dalam proses pnyemaian, maka tutupilah dengan menggunakan dedaunan atau menggunakan jaring-jaring dengan ambil jarak sekitar 20-30 cm dari permukaan semai. Setelah semua proses dilakukan tunggu hingga bibit sudah memiliki daun berjumlah 3-4 helai.

Menyiapkan Polybag

Persiapkan media polybag yang dipilih. Untuk ukuran pilihlah yang sesuai selera. Namun yang perlu diingat adalah Polybag yang dipilih harus berlubang dibawahnya. Jika belum maka perlu memberikan lubang dengan ukuran jangan terlalu besar. Karena pemberian lubang ini sangat penting untuk proses resapan air.

Polybag
randhoetatah.com

Langkah pemilihan polybag selesai dapat dilanjutkan dengan memasukan media tanam ke polybag. Media yang digunakan adalah dengan mencampur antara tanah dan pupuk kompos. Dengan perbandingannya yaitu (Tanah:Kompos) 2:1 . Jumlah komposisi tanah harus lebih banyak. Bisa juga ditambahkan dengan media ketiga yaitu arang sekam dengan komposisi yang sedikit saja. Sesudah polybag diisi dengan media tanam. Biarkan dahulu selama 1 atau 2 hari sebelum bibit kangkung dapat ditanam.

Menanam Bibit Kangkung

Langkah selanjutnya adalah langkah menanam. Apabila tanpa melalui penyemaian dan media tanam sudah siap. Maka yang perlu dilakukan adalah menaruh bibit ke dalam polybag. Namun jika melewati tahap penyemaian berarti harus memindahkan bibit dari media semai ke media tanam poybag. Perlu diperhatikan dalam proses pemindahan ini harus hati-hati agar akar bibit tidak rusak. Soalnya jika terjadi kerusakan akan menggangu pertumbuhan bibit.

Menanam bibit
youtube.cara menanam kangkung di polybag

Buatlah lubang pada tanah polybag dengan jari telunjuk. Setiap polybag cukup diberi 3 buah lubang. Perlubang dibuat dengan kedalaman 10 sampai 15 cm saja.

Masukanlah dua bibit disetiap lubang. Setelah itu tutup lubang dengan menggunakan tanah. Tekan pelan-pelan usahakan saat menekan jangan sampai membuat bibit rusak.

Jika pembibitan langsung menggunakan biji tanpa melewati proses penyemaian. Maka yang dilakukan tinggal memasukan biji ke dalam tanah polybag. Tutup menggunakan tanah, tunggu sampai tumbuh kecambah. Penting untuk selalu menyiram bibit sebanyak 2 kali dalam sehari pagi dan sore secara rutin agar baik dalam pertumbuhan dan tidak kekurangan air.

Merawat Tanaman Kangkung

Gulma
blog.ub.ac.id

Cara menanam kangkung dalam polybag selanjutanya adalah perawatan. Tidaklah sulit jika langkah penanaman sudah sampai pada tahap ini. Soalnya tanaman kangkung ini mudah tumbuh tetapi tidak mudah terkena hama atau penyakit. Seperti dalam tahap penanaman lakukanlah penyiraman rutin pada pagi dan sore hari. Apabila dalam musim hujan dapat dikurangi interval waktu penyiraman. Karena tanaman kangkung akan rusak jika terlalu banyak terkena air.

Bersihkan gulma dan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman ini. Gulma dan rumput ini mencuri nutrisi dalam tanah sehingga menghambat pertumbuhan kangkung.

Pemberian pupuk berkelanjutan juga diperlukan. Berikan pupuk pada tanaman setelah melewati 10 hari masa tanam berguna untuk menunjang petumbahan tanaman kangkung ini. Lebih baik memberikan pupuk organik pada kangkung. Agar hasil yang didapatkan lebih baik dan lebih sehat tentunya.

Langkah Memanen Kangkung

Panen
nimadesriandani.wordpress.com

Masuk ke langkah yang dinanti-nanti yaitu tahap pemanenan. Pemanenan tanaman kangkung dapat dilakukan dalam waktu 25 sampai 30 hari. Yaitu ketika kangkung sudah memiliki banyak daun. Untuk tata cara pemanenan yaitu tanaman ini harus dicabut sampai ke akarnya. Tetapi jika ingin memanen dalam waktu 2 kali, maka dapat melakukan pemotongan pada bagian batangnya.

Tips Pembasmian Hama dalam Tanaman Kangkung

Umumnya tanaman kangkung mendekati masa panen yaitu umur 30 hari. Hama dan penyakit sudah mulai berdatangan. Berikut daftar hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kangkung beserta cara menanggulanginya:

Hama yang Menyerang:

  • Bekicot. Menyerang batang dan daun. Cara menanggulanginya ambil dan singkirkan dari tanaman secara rutin sampai tuntas.
  • Kutu Daun. Menghisap cairan pada kangkung sehingga tanaman tumbuh kecil dan daun tidak sehat berbentuk melengkung ke bawah.
  • Ulat Grayak. Menyerang daun sehingga daun menjadi gundul. Penanggulangannya semprotkan fungisida sesuai dosis.

Penyakit yang Menyerang :

  • Karat putih. Menyerang batang dan daun sehingga daun rusak dan menguning. Cara menangani semprot dengan Dithane M-45 sesuai dosis. Lakukan juga penyiangan, dan perawatan secara teratur.
  • Bercak-bercak pada daun. Yaitu menyerang daun sehingga akan terlihat bercak berwarna coklat kehitaman. Harap hati-hati karena penyakit ini akan menular dengan begitu cepat. Cara menanggulangnya segera ambil daun yang berpenyakit dan buang ditempat yang jauh. Hal ini dimaksudkan agar penyakit tidak merembet ke daun yang lain. Jika sudah terlalu parah segera semprotkan dithane M-45 sesuai takaran.

Demikian pembaca budiman cara menanam kangkung di polybag. Semoga dapat dijadikan tanaman altertanif untuk koleksi di lahan atau kebun pembaca sekalian. Mengingat selain mudah dan murah tanaman kangkung ini juga memliki waktu yang singkat untuk pemanenan. Selamat mencoba dan salam Berkebun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...