Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Daun Seledri agar Cepat Panen

Cara Mengatasi Penyakit Kembung Buah Pada Tanaman Cabai

Dijaman modern ini mulai timbul dan diketahui beberapa penyakit yang menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas dari tanaman cabe. Mulai dari hama hingga virus yang menyerang...

Cara Alami Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabai banyak di tanam oleh sebagaian petani di Indonesia, menurut data yang paling besar adalah kelompok petani yang berasal dari pegunungan (tegal). Cabai...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara menanam daun seledri di rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil. Karena terbatasnya lahan janganlah dijadikan halangan untuk tidak bercocok tanam. Kini lahan sempit di sekitar rumah dapat dimanfaatkan sebagai media tanam aneka macam tumbuhan.

Media pot dan polybag menjadi pilihan yang sering dipakai karena selain efisien juga mampu menampung aneka tumbuhan tanpa membutuhkan lahan yang luas. Seledri adalah salah satu tanaman yang memanfaatkan pot sebagai media tanamnya. Tanaman yang mempunyai nama latin Apium graveolensĀ ini tidak hanya sebagai bahan pelengkap masakan saja. Sebenernya masih banyak manfaat yang didapat sehingga banyak yang tertarik membudidayakannya.

cara menanam daun seledri
jambi.tribunnews.com

Selain Seledri juga memiliki nilai ekonomisnya yang tinggi, tentu membuat kekurangan pasokan pada tanaman ini. Untuk itu, perlu usaha mandiri pembudidayaan tanaman seledri itu sendiri. Baik berupa syarat tanaman bisa tumbuh, teknik merawat tanaman, hingga langkah yang harus dilakukan ketika memanen seledri.

Cara Menanam Daun Seledri agar Mudah Berkembang Biak

Berikut akan dikemukakan penjelasan bagaimana cara menanam daun seledri agar berkembang biak dengan baik:

Pemlilihan Bibit

Bibit
jurnalorganik.blogspot.com

Cara pertama adalah dengan memilih bibit seledri yang baik. Siapkan biji seledri yang akan ditanam. lakukan proses perendaman pada biji tersebut dengan menggunakan air yang bersuhu hangat. Suhunya berkisar 50-60 derajat celcius dalam interval waktu sekitar 1 jam. Dapat menggunakan ember atau tempat lainnya untuk langkah perendaman biji ini.

Pemillihan Media Tanam

media tanam
mediatani.co

Buatlah bedengan sebagai tempat penanaman dan penyemaian tanaman. Gunakanlah media semai yang telah tercampur dengan kompos dan tanah yang sudah diaduk dengan perbandingan tanah:kompos (2:1)

Penggemburan Tanah

garitan
8villages.com

Untuk bedengan yang sudah dibuat, berilah naungan berupa alat pelindung berbahan dasar plastik berwarna bening. Agar terhindar dari air hujan dan sengatan sinar matahari yang secara langsung mengenainya. Jangan lupa menggemburkan tanah terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat untuk perputaran oksigen serta membuang racun yang mengendap di dalam tanah. Setelah itu diamkan tanah selama beberapa saat.

Penanaman Bibit

menanam bibit
www.maintanam.com

Cara menanam daun seledri selanjutnya adalah menanam bibit. Bermula dengan menebarkan biji-biji seledri hasil dari rendaman saat proses penyemaian tadi. Tutuplah bagian atas biji-biji yang sudah ditanam menggunakan tanah pada pot atau media tanah yang berada di bedengan. Siramilah tanah atau media tanam dalam pot supaya membuat tanah itu menjadi lembab.

Pembuatan Jalur Garitan

bedengan
budidaya2222.blogspot.com

Dengan kedalaman sekitar 0,5 cm buatlah jalur garitan dahulu dari permukaan bendengan. Beri jarak antar garitan sekitar 10-20 cm. Lalu tebarlah benih-benih seledri pada jalur garitan yang sudah dibuat itu. Seperti pada langkah yang sudah dikerjakan sebelumnya, tutuplah sekali lagi bibit-bibit tersebut dengan menggunakan media tanam. Sirami kembali menggunakan air agar kelembapan tetap terjaga.

Perawatan

merawat
youtube.cara memperbanyak daun seledri

Sebaiknya kita selalu memperhatikan perawatan dan penanaman daun seledri ini agar biji tanaman seledri yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Periode ini sebaiknya dalam menyiram tanaman ini harus dalam jadwal yang rutin. Yaitu pagi hari dan sore hari.

Tunas dari tanaman seledri biasanya akan muncul setelah 30 hari. Daunya akan muncul sekitar 3 sampai 4 helai perpohon. Sehingga tanaman ini akan siap untuk dpindahkan ke media tanam pot.

Proses Pengecekan Rutin

pengecekan rutin
agroteknologi.web.id

Pada proses ini, tidak ada batasan terhadap pengaruh kesuksesan dalam menanam daun seledri. Fokuslah untuk mengerjakan pengecekan tanaman secara rutin. Biasanya dalam proses pengecekan awal akan ada tanda seranga hama dan penyakit. Seperti penyakit fusarium, busuk akar, busuk lunak bakteri, lalat penggorok daun, penyakit mawar sekospora, dan berbagai virus lainnya.

Cara menanganinya adalah dengan menyemprotkan pestisida kepada tanaman seledri yang ditanam. Adapun dosis pestisida yang aman adalah Sekitar 30% sampai 50%.

Pemupukan

pemupukan seledri
tipspetani.blogspot.com

Untuk mempercepat pertumbuha tanaman seledri. Maka perlu memberikan pupuk daun, serta menggunakan pupuk jenis NPK dengan takaran 10 gram/ 10 liter. Adapun umur dalam pemberian pupuk adalah jika tanaman sudah memasuki hari ke 20 atau 25 penanaman.

Namun kedepannya juga akan menemui untuk penyakit khas tanaman seledri adalah virus aster yellow, cercospora, dan bercak septoria. Jadi langkah untuk mencegah serangan dari bakteri tersebut adalah mulai dari awal yaitu dengan pemilihan bibit yang unggul dan berkualitas baik.

Kemudian proses pemupukan yang baik, dan selalu menjaga sanitasi dalam lahan atau media tanam. Namun yang tidak kalah penting adalah munculnya gulma dan parasit, khususnya jika tanaman seledri memasuki dalam masa pertumbuhan.

Hama Tanaman

hama seledri
guruilmuan.blogspot.com

Bisa dibilang pertumbuhan tanaman seledri ini tergolong cukup lambat. Jadi biasanya gulma dan parasir yang tumbuh di sekitar tanaman ini akan tumbuh begitu cepat. Dan akan mengalahkan tanaman seledri itu sendiri. Lebih parahnya lagi jika parasit ini tumbuh secara membabi buta. Maka tanaman seledri akan tumbuh ceking bahkan akan mati.

Untuk itu, lakukanlah penyemprotan pada seledri dengan memberikan takaran yang tepat yaitu pestisida organik. Jika takaran melebihi dari dosis yang disarankan maka akan berdampak negaif bagi tanaman dan dapat menimbulkan kematian.

Panen

panen
guruilmuan.blogspot.com

Sampai juga pada tahap yang ditunggu-ditunggu dari cara menanam daun seledri yaitu tahap pemanenan. Perlu diketahui tanaman seledri ini jika ditanam tanpa melakukan pembibitan dan teknik lain. Biasanya dapat dipanen bila sudah memasuki hari ke 160 dan hari ke 180.

Namun jika dapat memberikan perawatan yang teratur dan ekstra. Bisa dipastikan dapat memanen dalam kurun waktu hari ke 90 dan 125. Ciri-ciri tanaman seledri yang yang dapat dipanen adalah jika pada bagian daun sudah layak untuk dijual meskipun berbeda ukuran daun yang variatif.

Cara memanen adalah dengan memotong pada bagian pangkal batang tanaman seledri secara periodik. Untuk fase ini, proses panen dapat dilakukan dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu sekali. Ketika tanaman ini sudah tidak produktif maka dapat diakhiri masa tananamnya. Yang mana dalam fase ini tanaman seledri dapat dicabut dan membuangnya ke tempat yang aman.

Pasca Panen

paska panen
www.antarafoto.com

Jika menahan untuk tidak segera melakukan tahap panen maka secara berangsur-angsur tanaman ini akan menggabus. Namun jika menanen terlalu dini akan berakibat pada tangkai daun yang membesar. Maka sebaiknya penanenan selanjutnya dilakukan jika Seledri yang dipanen memiliki rentang waktu pertumbuhan yang sebentar. Apabila melakukan cara ini tahap pemanenan berikutnya akan dapat dilakukan dengan cepat.

Syarat Agar Tanaman Seledri Dapat Tumbuh

Setelah mengetahui penjelasan Cara menanam daun seledri. Maka tidak salahnya untuk mengetahui syarat tmubuh tanaman seledri. Sesungguhnya pertumbuhan tanaman seledri ini sangat tergantung pada kondisi lingkungan di sekitarnya. Lazimnya tanaman seledri ini dapat tumbuh pada ketinggian 1.000 sampai dengan 1.200. MDPL. Sedangkan suhunya berkisar antara 16 sampai dengan 21 derajat celcius.

Sifat alamiah dari seledri itu sendiri yaitu menyimpan air meskipun tanaman ini dikeringkan. Meski hanya menggunakan pH tanah yang terbilang tinggi yaitu 5,8 sampai 6,7. Jika media tanam yang digunakan terlalu masam, maka lebih baik diberikan campuran kapur atau dolomit untuk menggurangi kandunga pH pada tanah tersebut.

Itu dia penjelasan cara menanam daun seledri agar cepat panen. Semoga menambah wawasan eknsiklopedia tentang berkebun pembaca sekalian. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Buah naga dari Biji agar Tumbuh Cepat

Cara menanam buah naga dari biji sebetulnya dapat diperoleh dari buku-buku pertanian, ensikopedi pertanian, dan internet. Namun kadang-kadang panduan tersebut tidak membahas penanaman buah...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut denganĀ Rattus argentiventerĀ bisa hidup...