Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar (Lengkap)

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara menanam cabe rawit secara organik maupun non organik sebenarnya prinsipnya sama. Menanam cabe rawit di pot ataupun di polybag tergantung teknik penanamannya agar cabai dapat tumbuh subur.

Ibu rumah tangga juga bisa menanam cabe rawit di halaman rumah. Jika ibu masih mempunyai halaman rumah yang kosong, bisa digunakan untuk menanam cabe rawit ini. Hanya dengan menggunakan botol bekas untuk menanam sayuran juga bisa.

Cabe rawit atau cabai rawit dalam bahasal latin disebut dengan Capsicum frutescens merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Cabe ini menimbulkan rasa pedas pada masakan sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi masyarakat Indonesia terkenal dengan masakan pedasnya. Cara menanam cabe rawit sangat cocok ditanam di daerah tropis dengan ketinggian mencapai 1000 mdpl.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah Keriting

Cara Menanam Cabe Rawit Dengan Benar

cara menanam cabe rawit

Sebenarnya cara menanam cabe rawit tidak jauh berbeda dengan cabe merah keriting biasa. Hanya pada pemilihan bibit saja yang berbeda. Berikut cara menanam cabe rawit mulai dari awal hingga akhir proses pemanenan.

Menentukan Lokasi Atau Media Tanam

Media yang akan kita bahas di sini adalah lahan yang luas. Lahan petani yang luas untuk budidaya cabe rawit skala besar ataupun kecil. Ada beberapa kriteria lahan yang baik untuk tanaman cabe diantaranya adalah :

  • Cabe rawit mampu tumbuh baik dengan ketinggian tanah mulai dari 500 – 2000 mdpl.
  • Suhu yang ideal untuk tanaman cabe rawit berkisar 24 – 27 derajat celcius.
  • pH tanah diantara 5 – 7

Pengolahan Lahan Untuk Penanaman Cabe

lahan bawang merah

Pengolahan lahan untuk menanam cabe rawit yang perlu dipersiapakan adalah pencangkulan yang matang dan juga pembuatan gundukan tanahnya.

Tujuan utama pengolahan lahan untuk media tanam adalah untuk menggemburkan tanah sebelum ditanam. Jika tanah gembur maka tanaman cabe mudah untuk tumbuh.

  1. Penggemburan Tanah

Tahap pertama yang dilakukan adalah menggemburkan tanah terlebih dahulu. Yaitu dengan menggunakan prinsip membalikan tanah dari bawah ke atas.

Bisa menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan cangkul atau dengan traktor modern. Apalagi jaman sekarang sudah mulai modern, traktor kecil tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Setelah itu buatlah gundukan tanah atau biasa dikenal dengan bedengan untuk media tanam. Lebar bedengan berkisar 1 meter dengan jarak tanam 50-80cm.

Jika anda menggunakan plastik mulsa pastikan terdapat lubang tanam ataupun lubang untuk pupuk. Biasanya lubang tanam memiliki sistem zig zag dengan jarak 50 – 60 cm.

2. Pengontrolan pH Tanah

Tanah yang terlalu asam kurang baik untuk menanam cabe rawit. Jika pH tanah terlalu asam bisa tambahkan kapur alam yang ditaburkan diatas gundukan tanah secukupnya.

Setelah ditabur kapur tanah cek kembali pH tanah tersebut. Cara mengecek pH tanah bisa menggunakan alat pengukur pH untuk tanah.

3. Pemberian Pupuk

Pupuk dasar bisa menggunakan 2 macam pupuk yaitu pupuk kandang dan pupuk kimia. Pemberian pupuk ini terdapat dua macam cara yaitu disebarkan secara rata di atas gundukan tanah atau disediakan lubang tersendiri untuk peletakan pupuk.

Pupuk kandang agar lebih mudah sekarang sudah banyak tersedia pupuk organik kandang dalam kemasan. Lebih mudah meletakan dan unsur hara yang terkandung juga sudah maksimal.

Sedangkan untuk pupuk kimia biasanya menggunakan bahan yang sedikit mengandung nitrogen, kombinasi phosphor dan KCL. Produk untuk pupuk kimia sendiri contohnya adalah SP36, KCL dan ZA dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Pemilihan Bibit Cabe Rawit

biji cabe rawit

Memilih bibit cabe rawit, anda harus melihat beberapa faktor diantaranya adalah :

  • Ketinggian tanah
  • Cuaca
  • Merk Bibit

Karena beberapa benih cabe memiliki varietas yang berbeda. Biasanya setiap daerah memiliki jenis benih yang berbeda. Pilihlah varietas atau jenis benih yang cocok untuk kondisi lahan anda.

Persemaian Benih Cabe Rawit

benih cabe rawit
image : budidayacabe.net

Setelah anda menemukan jenis benih yang cocok untuk ditanam, selanjutnya adalah menyiapkan untuk proses persemaian. Benih cabe harus dilakukan persemaian dulu agar dari biji tumbuh menjadi semai dalam beberapa hari.

Siapkan media atau tempat yang diisi oleh tanah dan juga pupuk kandang halus. Perbandingan antara tanah dan pupuk kandangnya berkisar antara 4 : 1.

Setelah itu tanah tersebut diratakan pada media yang sudah disediakan. Benih kemudian di sebar atau ditanam di media tersebut agar tumbuh menjadi kecambah.

Tunggu benih antara 3 – 4 minggu hingga siap ditanam di lahan. Biasanya benih siap ditanam jika memiliki ketinggian antara 10 – 15 cm.

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik

Bibit cabe rawit ditanam di lahan dalam lubang yang sudah disediakan. Pilih bibit yang benar-benar sehat dan hijau untuk siap ditanam. Minimal memiliki 2 – 6 daun per bibit.

Agar mudah tumbuh sebaiknya pada proses persemaian menggunakan polybag kecil kecil. Jadi biji cabe rawit di letakan dalam pot kecil plastik, setelah tumbuh nanti pot tersebut disobek dan bibit dimasukan ke lubang lahan.

Pemeliharaan Cabe Rawit

Tanaman cabai rawit biasanya dilakukan pemupukan ulang yaitu berupa pengkocoran pupuk yang mengandung NPK. Biasanya dilakukan 20 hari sekali.

Proses pengkocoran dihentikan saat cuaca hujan tinggi atau tanaman cabai mulai berbunga.

Obat cabe yang pertama diberi adalah berupa zat pengatur tumbuh dan insektisida dengan kadar rendah. Lakukan penyemprotan minimal 1 minggu sekali.

Setelah cabai berbunga, lakukan penyemprotan fungisida untuk mencegah busuk dan virus yang menyerang tanaman. Fungisida yang diberikan biasanya memiliki bahan aktif mangkozeb atau klorotalonil.

Proses Pemanenan

Cabai rawit biasanya dapat dipanen ketika menginjak usia 70-80 hari setelah tanam. Proses pemanenan dapat dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

Ambilan cabe rawit yang sudah tua atau siap untuk dipetik. Bisa menggunakan gunting panen atau secara manual.

Biasanya setelah masa pemanenan, cabe rawit juga dilakukan penyemprotan secara rutin insektisida dan fungisida.

Hal Penting Dalam Cara Menanam Cabe Rawit Yang Harus Diperhatikan

Cara menanam cabe rawit dalam lahan yang luas, ada beberapa hal terpenting yang harus diperhatikan. Biasanya cabe sering diserang oleh berbagai penyakit mulai dari penyakit kuning, hingga patek (antraknosa).

Untuk mencegah penyakit kuning pastikan tanah dalam keadaan pH yang cocok untuk cabe rawit. semprot dulu lahan dengan azoksistrobin agar terhindar dari virus berbahaya.

Untuk mencegah penyakit patek pada tanaman cabe bisa dilakukan penyemprotan fungisida secara rutin. Prinsip utama untuk mencegah patek adalah :

Penyemprotan fungisida ringan namun rutin minimal 1 minggu sekali. Fungisida dapat dicampur insektisida ringan agar tanaman tidak diserang hama. Ingat, penyemprotan rutin dengan obat yang ringan adalah faktor utama.

Inilah topik tentang cara menanam cabe rawit dari biji di lahan yang luas untuk wilayah Indonesia. Anda juga bisa baca topik kami lainnya tentang cara menanam cabe merah keriting di utamatani.com.

Anda juga bisa konsultasi langsung mengenai tanaman pertanian baik cabe rawit maupun yang lain dengan kami. Untuk konsultasi tentang pertanian bisa hubungi kami langsung melalui hubungi kami dan juga melalui forum diskusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...