Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Cara menanam cabe merah keriting. Jika berbicara tentang cabe mungkin tidak ada habisnya. Karena dari jenisnya saja tanaman ini mempunyai jenis yang banyak, contohnya cabai hijau besar, cabai merah besar, cabai paprika dan lain-lain. Apalagi syarat tumbuh tanaman ini juga berbeda-beda tiap jenisnya. Ada yang bisa tumbuh dimana saja, ada yang cuma tumbuh di dataran tinggi seperti cabe jenis paprika.

cara menanam cabe merah keriting
maubergaya.blogspot.com

Untuk jenis cabe merah ini, bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Namun bagaimanapun juga kita harus mengetahui cara menanam dan karakteristik tumbuh cabe ini. Agar nantinya tidak terjadi kegagalan saat penanamannya.

Sebenarnya mengetahui cara menanam cabe merah keriting merupakan langkah yang begitu menjanjikan. Karena bisa pada saat-saat tertentu harganya bisa mencapai puluhan ribu perkilonya. Walau begitu secara keseluruhan menanam cabe merah keriting tidaklah mudah. Tidak jarang sering dihadapkan dengan harga yang fluktuatif, keadaan cuaca yang tidak menentu, dan sangat mudah terserang hama. Kita juga harus bersiap-siap karena kadang-kadang biaya produksi juga sangat tinggi. Walaupun demikian di Indonesia pecinta budidaya cabe jenis ini sangat banyak. Oleh sebab itu, mari lebih mengetahui lagi cara menanam cabe merah keriting ini dengan benar.

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Agar Hasil Maksimal.

Sebelumnya kita harus mengetahui dahulu syarat tumbuh tanaman cabe merah yaitu:

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Untuk daerah tinggi tinggi maksimal yaitu mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan iklim yang cocok adalah iklim tropis yang yang bersuhu lembab. Namun suhu yang disarankan adalah 16-23 derajat celcius.

Untuk jenis tanah yang bisa digunakan untuk menanam cabe merah keriting. Anda bisa menggunakan jenis tanah yang recommended untuk tanaman pada umumnya. Usahakan pilihkah tanah yang kaya organik, gembur, terlihat subur, tidak mudah tergenang dan tahan serangan penyakit. Untuk kandungan pH sekitar 5,5 sampai dengan 6,8.

Berikut langkah-langkah cara menanam cabe merah keriting agar memudahkan Anda dalam perawatan:

Pembibitan

Bibit
id.carousell.com

Pada langkah pertama ini kita harus memilih bibit cabe yang berkualitas. Karena diketahui jenis cabe ini mempunyai banyak varietas mulai dari jenis hibrida sampai lokal. Sehingga setiap jenis cabe memiliki ciri-ciri tersendiri. Maka kita harus pintar-pintar memilih jenis cabe yang sesuai dengan tempat kita. Lebih mudahnya bisa datang ke toko-toko pertanian terdekat untuk menananm jenis cabe merah keriting yang hibrida . Sedangkan untuk jenis lokal kita dapat membelinya di petani yang sebelumnya sudah menyeleksi bibit milik sendiri pada hasil panennya.

Pemilihan bibit juga bisa didapatkan dari buahnya langsung. Caranya dengan melakukan proses penyemaian. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pilihlah buah cabe keriting berusia tua dan sudah mengering. Belahlah dan ambil bijinya.
  • Rendam biji ke dalam satu mangkok berisi air hangat. Tunggu hingga kondisi air dalam mangkok menjadi dingin.
  • Buat media tanam yang terdiri dari tanah, arang, sekam dan pupuk kompos dengan perandingannya 2:1:1
  • Masukan campuran media tanam tadi ke dalam polybag kemudian taburkan biji cabe. Tutup kembali lubang tersebut menggunakan tanah campuran tadi.
  • Untuk sementara berilah naungan pada media semai agar biji tidak terkena sinar matahari langsung dan dilindungi dari air hujan.
  • Lakukanlah penyiraman dan tutup dengan kertas koran agar terjaga kelembabannya.
  • Benih akan mulai muncul tunas dalam kurun waktu 3 hari. Siap ditanam menjadi bibit ketika sudah berumur 23 hari. Dilihat dari ciri-ciri bibit mempunyai 3 sampai 4 helai daun.

Media Tanam Cabe Merah Keriting

Media tanam
paraklado.blogspot.com

Cara menanam cabe merah keriting berikutnya adalah membuat media tanam yang bagus untuk bibit cabe. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  • Pilih dahulu jenis media tanam yang akan digunakan. Bisa menanam di lahan terbuka atau menanam dalam pot atau polybag.
  • Jika menanam dalam lahan. Maka langkah yang harus ditempuh adalah pembersihan, penggemburan, pemupukan dan pengapuran. Untuk menghasilkan tanah yang baik dan subur.
  • Buatlah bedengan pada lahan tersebut. Jangan lupa beri mulsa plastik dan kayu pancang.
  • Buat lubang tanam bedengan dangan kedalaman kurang lebih 5 sampai dengan 10 cm.
  • Jika penanaman dilakukan di dalam pot. Tinggal memasukan media tanah yang dicampur dengan sekan dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman 5-10 cm. Gunakanlah pot yang berdiameter 25- 30 cm jangan terlalu besar.
  • Setelah itu masukan bibit cabe merah pada lubang tanam dan tutup. Tekan secara perlahan untuk memadatkan tanah.

Perawatan

Untuk hasil maksimal langkah perawatan ini harus dilakukan secara rutin. Ketika musim kemarau penyiraman harus dilakukan secara intens. Untuk penyiraman bisa dengan penggenangan jika menggunakan lahan bedengan. Namun jika memakai media tanam pot/ polybag maka cara penyiraman dapat disemprot.

Perawatan
youtube. cara perawatan cabe kena keriting

Perlu diperhatikan jika kondisi tanaman belum begitu kuat maka cara dalam melakukan penyiraman harus lebih hati-hati. Agar tidak merusak tanaman cabe merah keriting. Satu hal lagi apabila menggunakan cara penggenangan, lakukan dengan interval waktu setiap dua minggu sekali. Pada dua minggu pertama lakukan pemeriksaan pada tanaman dilanjutkan dengan penyulaman. Bila menemukan tanaman cabe yang tumbuh buruk atau mati maka segera cabut dan langsung diganti dengan bibit yang baru.

Bila dibutuhkan buatlah tongkat ajir menggunakan bambu untuk menopang tanaman cabe agar dapat tumbuh tegak. Setelah berumur satu bulan tanaman yang mulai tumbuh tinggi dapat diikat pada bagian ajir.

Pemupukan cabe merah keriting dengan menggunakan pupuk cair. Siramilah pupuk sejumlah 100 ml pada setiap tanaman. Option lain dapat menambahkan pupuk NPK agar pertumbuhan lebih efektif. Jangan sampai lupa selalu membersihkan gulma dan rumput liar secara rutin. Pengendalian hama juga baik dilakukan serutin mungkin karena diketahui jenis cabe merah keriting sangat gampang terserang berbagai macam hama penyakit.

Proses Pemanenan Cabe Merah Keriting

Langkah terakhir sekaligus yang paling ditunggu-tunggu cara menanam cabe merah keriting adalah proses panen. Jika langkah-langkah di atas dilakukan secara benar dan ditambah dengan perawatan yang rutin. Maka tanaman cabe ini dapat dipanen pada umur 70-75 hari. Cara memanen adalah dengan memetik cabe keriting tersebut.

Pemanenan
kabartani.com

Sesudah pemetikan pertama, selanjutnya dapat dilanjutkan untuk pemetikan panen berikutnya. Interval waktu panen bisa mencapai 3-4 hari sekali. Tetapi hal ini tergantung dengan kondisi pasar cabe karena kebanyakan petani lebih memilih untuk memanen setiap harinya tanpa jeda. Akan lebih baik jika sebelum memanen bisa melihat pasar dahulu agar semua harga cabe terlihat datanya.

Untuk tanaman cabe merah keriting ini sendiri. Umur produktif menghasilkan buah adalah dalam rentang waktu 6-7 bulan. Sedangkan hasil yang didapatkan oleh petani Indonesia biasanya mencapai 15-30 kwintal/ hektar. Untuk pemetikan berikutnya hanya 60 Kw/ Ha (sumber agrotani.com).

Pembaca yang budiman, keberhasilan cara menanam cabe merah keriting ini tergantung dari individu petani yang menanamnya. Apabila petani melakukan pemeliharaan dan memiliki pengalaman bercocok tanamn yang baik. Maka akan mendapatkan hasil panen cabe merah keriting ini dengan melimpah.

Demikian Pembaca cara menanam cabe merah keriting. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat menanam dan salam sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Labu Siam agar Cepat Berbuah

Cara menanam labu siam tergolong mudah karena tanaman ini memiliki daya tahan hidup yang baik. Labu siam masuk keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan sehingga cara hidupnya...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma agar Tumbuh Cantik

Cara menanam bunga wijaya kusuma atau lebih terkenal dengan sebutan Sang Ratu Malam. Mengapa bunga ini dijuluki demikian? Tentu saja karena bunga ini hanya beraktifitas...