Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma agar Tumbuh Cantik

Cara Mengatasi Penyakit Kembung Buah Pada Tanaman Cabai

Dijaman modern ini mulai timbul dan diketahui beberapa penyakit yang menyebabkan menurunnya tingkat produktifitas dari tanaman cabe. Mulai dari hama hingga virus yang menyerang...

Cara Alami Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabai banyak di tanam oleh sebagaian petani di Indonesia, menurut data yang paling besar adalah kelompok petani yang berasal dari pegunungan (tegal). Cabai...

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara menanam bunga wijaya kusuma atau lebih terkenal dengan sebutan Sang Ratu Malam. Mengapa bunga ini dijuluki demikian? Tentu saja karena bunga ini hanya beraktifitas pada malam hari. Yaitu bunga ini hanya memekar saat malam tiba, sehingga bunga mempunyai aroma yang kuat dan dapat tercium disekitar  bunga ini.

cara menanam bunga wijaya kusuma
ilmubudaya.com

Harus diketahui mengapa bunga wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) hanya bisa mekar saat malam hari saja. Tidak seperti yang diperincangkan orang -orang sebenarnya bunga Wijaya Kusuma mempunyai gerakan skototropisme. Yaitu gerak tanaman yang menjauhi cahaya. Jadi jika terkena cahaya cahaya matahari, bunga ini akan pasif tidak bereaksi apa-apa. Jika waktu mulai gelap baru bunga ini bereaksi baik melakukan fotosintesis maupum pemekaran.

Adapun ciri yang paling menonjol dari bunga ini adalah Mahkota bunga yang tergolong besar, berwarna putih gading, yang tentu saja tanaman ini jadi terlihat begitu eksotis. Bunga yang masuk dalam marga kaktus ini mempunyai ciri fisik dengan daun berwarna hijau, bentuknya pipih, bagian ujung daun ada lekukan-lekukan kecil dan keras. Karena bentuknya yang unik banyak orang yan tertarik untuk membudidaya tanaman ini.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dalam Media Tanam Pot

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menanam bunga wijaya kusuma:

Pembibitan

Pembibitan bunga wijaya kusuma yang pertama kali dilakukan adalah pemisahan. Yaitu memisahkan antara rumput bibit dan rumput akar. Langkah ini dilakukan dengan memisahkan bibit dari tanaman induk dan memilah tanaman indukan yang dapat dijadikan bibit untuk perkembanganbiakan.

Pembibiyan
ilmubudaya.com

Cara mengetahui bibit tanaman indukan yang bagus adalah dapat dilihat dari tumbuh lebatnya tanaman yang bersangkutan. Dapat pula diketahui dari tinggi tanaman dan kesuburannya.

Media Penanaman

Media penanaman
bibitbunga.com

Setelah melakukan proses Pembibitan cara menanam bunga wijaya kusuma berikutnya adalah Media tanam. Untuk media yang harus dipersiapkan yaitu tanah. Untuk menghasilkan bunga wijaya kusuma yang bagus.  Maka yang perlu dipersiapkan adalah tanah, pupuk organik dan humus serta pasir dengan perbandingan (3:1:1:2) di mana keempat bahan tersebut telah telah dicampur secara merata.

Jika menginginkan penanaman bunga wijaya kusuma di dalam pot. Media yang perlu dipersiapkan adalah Pasir, lumut sphagnum, dan batang paku tiang.

Cara Menanam

cara menanam
mahmudahabshor.blogspot.com

Cara menanam bunga wijaya kusuma ini tergolong mudah. Karena masih berasal dari keluarga kaktus, maka caranya masih tergolong mudah. Berikut cara menanamnya:

  • Masukan bibit berkualitas yang telah dipilih ke dalam tanah. Lalu tutup kembali bibit tersebut sampai rata dengan tanah.
  • Menaruh bibit bunga ini dengan kedalaman 5 cm.
  • Lakukan penyiraman dengan menggunakan air bersih. Agar bibit yang ditanam dapat berkembang biak sebagai mana mestinya.

Perawatan

Perawatan
bibitbunga.com

Bunga wijaya kusuma ini dalam pertumbuhannya tidak begitu banyak memerlukan air. Jadi apabila terlalu banyak menyiraminya dengan air, maka bunga ini akan cepat membusuk. Sebaliknya jika kekurangan air pertumbuhannya kurang baik. Mensiasatinya hanya menyiraminya sedikit dengan air. Jika musim hujan tiba media pot dapat dipindahkan dulu ketempat yang lebih teduh agar intensitas airnya ke tanaman tidak begitu banyak.

Penyiraman

Menyiram
jabar.pojoksatu.id

Seperti yang dijelaskan dalam tahap perawatan. Hanya memerlukan dosis yang cukup saja untuk penyiraman bunga wijaya kusuma ini. Karena dalam musim kemarau perlu juga menyiraminya dengan air secara teratur meskipun dengan takaran yang lebih sedikit dari pada bunga lain.

Pemupukan

Pemupukan
mahmudahabshor.blogspot.com

Pemberian pupuk tetap harus diberikan pada tanaman ini. Namun pupuk yang digunakan haruslah organik. Entah itu bahan dasarnya dari binatang maupun dari tumbuhan lain. Dalam pemberian pupuk ini perlu diperhatikan adalah interval waktu pemberian pupuk yaitu 2 minggu sekali. Cara ini bertujuan agar bunga wijaya kusuma dapat tumbuh dalam kondisi terbaik.

Penyiangan

Langkah terakhir Cara menanam bunga wijaya adalah penyiangan. Cara ini dilakukan dalam upaya pencegahan serangan penyakit dan hama terhadap tanaman ini. Cabutlah dan buang yang jauh hama atau gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Bila diperlukan dapat disemprotkan Fungisida atau insektisida secara teratur dengan dosis yang tepat dan membersihkan daun atau ranting daun dari daerah yang terjaring penyakit.

Penyiangan
tukangtamankota.com

Demikianlah langkah yang dapat dilakukan jika ingin memelihara bunga wijaya kusuma. Berikutnya akan dipaparkan cara perkembangbiakan bunga wijaya kusuma dalam hal ini adalah budi daya bunganya.

Perkembangbiakan Bunga Wijaya Kusuma Menggunakan Teknik Stek

Tidak hanya dengan cara pembibitan biasa. Cara menanam bunga wijaya kusuma juga dapat dikerjakan dengan cara stek daun. Berikut adalah bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya:

Bahan yang Diperlukan

  • Pisau tajam yang telah disterilkan menggunakan alkohol 95%.
  • Tisu.

Daun yang Dipilih

  • Pilihlah daun yang sehat, segar, dan warnanya hijau terang.
  • Potong daun dengan ukuran 5 cm.
  • Potong daun dengan rata.
  • Perlu diperhatikan agar potongan daun ini benar-benar rata. Bila belum rata diwajibkan untuk melakukan pemotongan kembali.

Pemilihan dan Pemberian Hormon

  • Pemberian hormon dilakukan agar merangsang pertumbuhan akar. Yaitu dengan cara memberikannya pada permukaan daun yang sudah dipotong tadi.
  • Tunggu selama 7-10 hari, lalu letakan daun pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari atau tempat yang sedikit teduh.
  • Diamkan kembali, apabila menemukan daun sedikit kering dan kaku itu hal yang wajar dalam proses ini. Karena hal ini tidak membuat daun menjadi busuk.

Pemotongan Daun untuk Dijadikan Bibit

  • Potong daun yang telah didiamkan selama 7-10 hari.
  • Kemudian tanamkan daun pada media tanamnya bisa polybag maupun pot.
  • Gunakan tanah, pupuk organik, humus dan pasir pada perbandingan yang sama seperti pembibitan alami. Yaitu 3:1:1:2

Proses Penanaman

  • Tanam daun yang sudah menjadi bibit pada kedalaman 5 cm saja. Agar tidak roboh, letakan pada media yang tepat. Sisakan sedikit permukaanya dalam penanaman ini.
  • Jika sudah ditanam jangan langsung disiram menggunakan air. Biarkan saja bunga wijaya kusuma ini selama beberapa waktu (1 minggu). Apabila sudah 1 minggu maka dapat melakukan penyiraman pada tanaman ini pada dosis yang sewajarnya saja.

Proses Perawatan

Perawatannya cukup simpel:

  • Lakukan penyiraman secara rutin seminggu sekali.
  • Jika memasuki musim kemarau, tingkatkan frekuensi penyiraman yaitu sekitar 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.

Memilih Letak Tanaman

  • Letakan tanaman pada media yang dibutuhkan.
  • Bila dibutuhkan buat pelindung berupa bahan plastik bening, agar sinar matahari tidak langsung mengenai bunga ini.

Proses Perawatan Lanjutan

Agar bunga Wijaya kusuma tumbuh cantik. Mulailah memberikan tanaman ini dengan sinar matahari yang cukup. Letakan Tanaman di area yang mempunyai sirkulasi udara yang tergolong baik. Hal ini dilakukan agar perkembangan dan pertumbuhan bunga tanaman ini tidak tertahan.

Jika tanaman ini dalam kondisi terbaik. Maka bunga wijaya kusuma yang dikembangkan dengan teknik stek daun akan mulai berbunga ketika telah memasuki tahun ke dua dan ketiga sejak dimulainya penanaman. Maka diperlukan pengecekan kuncup bunga minimal 6 bulan sekali.

Untuk menaikan interval munculnya bunga. Dapat memberikan pupuk NPK ketika kuncup sudah mulai mekar. Karena dengan cara ini akan memberikan stimulan ekstra agar pertumbuhan tanaman maupun bunga akan lebih cepat .

Demikian cara menanam bunga wijaya kusuma. Baik dengan bibit alami maupun dengan cara buatan yaitu menggunakan stek daun. Semoga bermanfaat . Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen

Cara menanam cabe merah keriting. Jika berbicara tentang cabe mungkin tidak ada habisnya. Karena dari jenisnya saja tanaman ini mempunyai jenis yang banyak, contohnya...