Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Bayam Hidroponik Paling Mudah Dipraktekan

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Cara menanam bayam hidroponik. Tanaman dengan nama latin Amaranthus spp ini adalah termasuk jenis tumbuhan yang dikonsumsi daunnya. Karena pada bayam mengandung sumber zat besi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Untuk penanaman bayam ini sendiri Anda dapat melakukannya di rumah menggunakan cara hidroponik. Pembaca yang budiman cara menanam bayam hidroponik ini cukup mudah dalam pengerjaannya. Tetapi ada proses utama wajib dilakukan agar proses penanaman menjadi lebih menyenangan dan sukses tentunya.

cara menanam bayam hidroponik
amsfarm.com

Kenyataaan ini menjadikan bayam kian diminati dan dipilih menjadi menu makanan sehat sehari-hari. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkannya dengan menghidupkan pekarangan dengan menanam tanaman bayam ini. Bagaimana jika pekarangan Anda tidak termasuk dalam jenis tanah yang subur? Tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menanam dengan teknik hidroponik dan tanpa menggunakan tanah sama sekali.

Teknik hidroponik adalah cara menanam dengan menggunkan media air sebagai pengganti tanah. Cara ini biasa dilakukan oleh warga perkotaan yang minim mendapatkan tanah yang subur. Dalam prakteknya teknik cenderung lebih praktis dan mudah. Proses perawatan juga tidak akan menghabiskan banyak waktu.

Cara Menanam Bayam Hidroponik Menjadi Sukses

alat dan bahan
hidroponikpedia.com

Berikut langkah yang dapat dilakukan dan alat yang dibutuhkan dalam cara menanam bayam hidroponik:

  • Benih Bayam. Berbagai macam varietas dan jenis bayam ada di toko pertanian. Anda dapat memilih benih dengan masa panen dan perawakan tanaman yang beragam sesuai dengan selera.
  • Nutrisi Hidroponik. Banyak nutrisi hidroponik yang dapat digunakan. Untuk nutrisi yang biasa digunakan adalah AB-mix
  • Media Penyemaian. Media yang sering digunakan adalah Rock Woll. Caranya yaitu dengan memotong media tersebut dengan ukuran 3cmx3cm yang dilubangi 9 titik.
  • Net Pot. Adalah pot plastik yang diberi lubang-lubang seperti jaring tersedia beraneka warna. Fungsi dari lubang ini adalah agar akar mudah untuk bernafas dan bekerja dengan maksimal.
  • Kain Flanel. Digunakan sebagai sumbu penyerapan nutrisi tanaman. Caranya dengan memotong kain ini memanjang sesuai dengan kebutuhan. Seperti bahan yang lain kain ini jga sdah tersedia di toko pertanian.
  • Styrofoam. Cara penggunaan styrofoam ini dengan melubanginya sesuai dengan ukuran net pot. Styrofoam ini nantinya akan digunakan sebagai dudukan.
  • Spayer. Adalah alat penyemprot air. Alat ini nantinya akan digunakan untuk menyiram tanaman bayam dengan teknik hidroponik.
  • Botol Bekas. Yang digunakan adalah botol bekas air mineral yaitu botol aqua dan sebagainya yang berukuran 600ml. Cara penggunaanya botol ini dipotong jadi dua, dan yang digunakan adalah bagian bawah botol.

Setelah mengetahui bahan-bahan yang digunakan. Maka selanjutnya adalah langkah-langkah cara menanam bayam hidroponik. Berikut caranya:

Benih yang Disemaikan

Untuk rekomendasi sebaiknya menanam bayam ini dilakukan pada daerah dataran tinggi yang memiliki suhu berkisar 16-20 derajat celcius. Berikut langkah menyemai benih:

Benih
Youtube. Cara penyemaian bayam

  • Benih bayam ini dimasukan ke dalam lubang rock wall berjumlah 3 sampai 4 buah. Tujuanya dalah agar tanaman bayam dapat tumbuh dengan rimbun.
  • Untuk masa perkecambahan ini berlangsung selama 2 sampai 3 hari saja.
  • Tempatkan media semai pada tempat yang tidak terkena terik sinar matahari langsung.
  • Maka benih akan cepat menjadi bibit yang siap dipindahkan. Ciri-ciri bibit yang siap dipindahkan adalah jika sudah memiliki 4 daun.

Persiapan Larutan

Larutan
hidroponikdasar.blogspot.com

Langkah penting selanjutnya cara menanam bayam hidroponik adalah menggunakan larutan dengan tepat. Oleh sebab itu, disarankan untuk memiliki alat pH meter agar hasil panen dapat memuaskan. Namun jika belum memiliki direkomendasikan dalam pembuatan larutan jangan terlalu pekat maupun terlalu terang. Berikut langkah membuat larutan:

  • Ukuran perbandingan larutan yaitu 5 ml nutrisi dicampurkan pada 1 liter air. Untuk kadar pH yang dibutuhkan adalah 6 sampai 7.
  • Harap hati-hati untuk menentukan kadar pH nutrisi ini. Sekali lagi jika belum mempunyai pH meter wajib agar dalam membuat larutan jangan terlalu pekat maupun terang. Karena pH nutrisi ini sangat berpengaruh pada kinerja akar untuk menyerap nutrisi agar dapat berkerja secara optimal.
  • Setelah itu nutrisi yang siap dipakai dimasukan pada potongan botol bekas air mineral yang sudah disiapkan tadi.

Bibit Bayam yang Ditanam

Bibit yang ditanam
hidroponikpedia.com

Berikut cara menanam bibit bayam secara hidroponik:

  • Pertama bibit dalam rock wall ke dalam net pot bersama dengan media hidroponik.
  • Bibit yang sudah dimasukan ke dalam net pot diberi kain flanel secukupnya.
  • Kain flanel ini berfungsi sebagai sumbu untuk mengalirkan nutrisi pada media.
  • Letakan styrofoam di atas potongan beks air mineral yang telah diberi nutrisi tadi.
  • Kemudian net pot diletakan di atas styrofoam yang berfungsi sebagai dudukan.
  • Hal yang harus diperhatikan adalah agar bibit tidak terendam sepenuhnya karena akan menyebabkan pembusukan.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman

Sprayer
yugosp.com

Perawatan bayam dengan teknik hidroponik ini sangatlah mudah. Untuk penyiraman dapat dilakukan sehari sekali menggunakan sprayer. Ingat jangan terlalu sering dalam menyiram karena akan mengakibatkan tanaman layu dan bisa cepat mati.

Penyiangan

Gulma
tipspetani.blogspot.com

Penyiangan adalah cara menanam bayam hidroponik dengan membersihkan langsung gulma ataupun rumput liar yang ada di sekitar tanaman. Maka lakukanlah penyiangan ini secara rutin untuk menghindarkan datangnya hama atau penyakit yang dapat merugikan tanaman hidroponik.

Pemanenan Tanaman

Panen
petanihebat.com

Pada tahap panen ini, dapat dilakukan ketika bayam sudah memasuki umur 25 hari setelah penanaman. Cara memanen tanaman hidroponik ini yaitu bisa mencabutnya secara langsung dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman ataupun media tanam.

Model Tanaman Hidroponik

Itulah dia cara menanam bayam hidroponik secara lengkap. Namun untuk lebih jelasnya berikut akan diinfokan model penanaman hidroponik yang dapat dijadikan rekomendasi Anda nantinya. Jika Anda selama ini hanya terpaku dengan salah satu model. Maka berikut adalah macam-macam model yang dapat digunakan untuk penanaman dengan cara hidroponik selanjutnya:

Model NFT (Nutrient Film Technique)

NFT
klinikhidroponik.com

Bisa dibilang ini adalah model terbaik dan yang sering digunakan oleh pecinta tanaman hidroponik. Model yang juga terkenal dengan sebutan aeroponik ini bekerja dengan cara pengaliran nutrisi pada tanaman dilakukan secara konstan tanpa dipompa. Sehingga nutrisi dialirkan ke tabung kemudian mengalir ke resevoir.

Model Sistem Wick (Sumbu)

Sistem wick
hydroplara.blogspot.com

Bentuk model ini cukup sederhana. Namun dengan model ini tanaman bayam hidroponik akan memiliki sifat pasif. Hal itu disebabkan tidak ada pergerakan signifikan dari tanaman bayam untuk mempertahankan diri. Karena nutrisi telah disediakan sehingga memudahkan tanaman untuk menyerapnya.

Nutrisi tanaman akan mengalir ke media tumbuh melalui kain flanel. Dari berbagai macam media tanam yang digunakan. Direkomendasikan untuk menggunakan sabut kelapa agar penyerapan nutrisi dapat maksimal.

Model EBB and Flow

ebb and flow
sites.google.com

Model ini berkerja melalui pengisian tempat nutrisi sampai mencapai batas tertentu. Nutrisi yang penuh akan mengalir otomatis kembali ke tempat penampungan. Untuk penerapan model ini harus dilakukan menggunakan pompa yang dihubungakan dengan timer. Kegunaan timer ini akan otomatis mengalirkan dan menghentikan nutrisi untuk media pertumbuhan.

Model Water Culture (Rakit Apung)

Water culture
klinikhidroponik.com

Model hidroponik ini juga termasuk yang sederhana. Tumbuhan bayam nantinya diletakan pada wadah-wadah yang dilengkapi dengan alat penyangga. Untuk bahan penyangga ini dapat dibuat menggunakan styrofoam yang ringgan dan tidak bersentuhan langsung dengan nutrisi. Kemudian udara dapat dipompakan ke dalam air stone untuk mengalirkan nutrisi.

Model Sistem Drip

Drip sistem
taman-berkebun.blogspot.com

Model ini dalam pengoperasian sangat mudah dan sederhana. Sistem drip juga menggunakan alat bantu timer untuk mengatur kinerja pompa. Pompa yang dinyalakan akan otomatis mengalir ke nutrisi dalam tanaman. Kemudian tanaman tersebut akan disokong dengan media tanam deperti pasir, sekam bakar, kompos dll.

Demikian beberapa langkah dan model sistem cara menanam bayam hidroponik. Pembaca yang budiman yang merasa penasaran menanam bayam dengan cara hidroponik ini dapat mempraktekannya sendiri di pekarangan rumah Anda. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mencoba. Selamat bercocok tanam. Semoga sukses.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik (Mudah dan Menyenangkan)

Cara menanam bawang merah hidroponik. Bercocok tanam bawang merah dewasa ini dalam memilih media tanam tidak harus menggunakan tanah. Karena ada pilihan metode lain...

Cara Menanam Labu Siam agar Cepat Berbuah

Cara menanam labu siam tergolong mudah karena tanaman ini memiliki daya tahan hidup yang baik. Labu siam masuk keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan sehingga cara hidupnya...

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...