Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Bawang Merah Polybag (Lengkap)

Cara Mengatasi Daun Cabe (Cabai) Keriting dan Mengkerut

Cabai merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Berbagai macam cabe yang sering di tanam mulai dari cabai merah besar,...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...

Membasmi Rumput Menggunakan Herbisida Roundup 486 SL (Review)

Jaman dahulu untuk membasmi rumput masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencabutnya. Namun saat ini sudah ada herbisida yang berfungsi untuk membasi rumput yang...

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara menanam bawang merah polybag. Bawang merah adalah salah satu komponen penting dalam bumbu masak. Karena bawang merah hampir sebagai bumbu pelengkap pada semua masakan. Maka sudah tidak mengherankan lagi kebutuhan akan bawang merah meningkat setiap harinya. Harganya pun menjadi lebih mahal dibandingkan bawang putih ataupun sayuran lain.

cara menanam bawang merah polybag
hellosehat.com

Tumbuhan dengan nama latin Allium cepa var ascalonium (L) ini merupakan tanaman terkenal di berbagai negara. Karena tanaman yang diasumsikan berasal dari Iran, Pakistan, dan daerah disekitarnya ini selain dijadikan bumbu masak. Bawang merah ternyata dapat dikonsumsi dengan cara yang lain. Yaitu dapat dibuat bawang goreng, acar sebagai pelengkap makanan, ataupun dikonsumsi mentah-mentah.

Akan tetapi nyatanya bawang merah saat ini tidak dimanfaatkan untuk konsumsi saja. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk ramuan tradisional. Misal jika masuk angin dapat dijadikan bahan “kerokan”. Hal itu tidak lepas dari bawang merah yang diyakini memiliki kaya manfaat bagi tubuh dan menyembuhkan penyakit, seperti mengobati maag, menurunkan kolesterol, kencing manis, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Banyaknya manfaat bawang merah karena tanaman ini sendiri memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan kalium dan serat yang baik untuk pencernaan. Bukan hanya itu, kandungan vitamin c, kalsium, asam folat, dan zat besi juga bermanfaat bagi kelancaran metabolisme tubuh dan kebugaran badan.

Di daerah tropis seperti Indonesia tentu bawang merah ini dapat tumbuh dengan baik. Bahkan ada daerah yang menjadikan bawang merah sebagai komoditas utama pertaniannya. Yaitu di kabupaten Brebes, Jawa Tengah dan Kabupaten Cirebon di Jawa Barat.

Apabila pembaca tertarik untuk menanam bawang merah. Maka berikut akan dijelaskan Langkah sederhana cara menanam bawang merah polybag. Mengapa polybag? Karena selain mudah dipindahkan juga mudah perawatannya.

Cara Menanam Bawang Merah Polybag agar Mudah Perawatan

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menanam bawang merah agar mudah dalam perawatannya:

Pemilihan Wadah Tanaman

Polybag
ekurlowa.blogspot.com

Bawang merah adalah tanaman yang cukup unik dan sedikit berbeda dengan tanaman lainnya. Nyatanya dalam penanamannya tidak memerlukan lahan yang begitu luas. Sangat bisa menanamnya di pekarangan rumah menggunakan polybag. Maka dari itu perlulah memilih polybag yang bagus agar menunjang tumbuhnya tanaman bawang merah ini. Cara memilih polybag yang baik adalah:

Gunakan Polybag yang mempunyai lubang

Lubang drainase adalah hal yang sangat penting. Tak perlu khawatir walaupun tanah ada yang keluar dari lubang itu karena dampaknya tak begitu signifikan. Kegunaan dari lubang ini adalah sebagai tempat keluar-masuknya air. Sehingga bila tanaman ini disiram maka di dalam polybag itu tidak ada air yang menggenang sehingga tanaman tidak mudah layu disebabkan air yang berlebihan.

Ukuran Polybag

Ukuran polybag harus menyesuaikan tanaman dan luas tempat yang tersedia. Maka jika menanam bawang merah maka polybag yang digunakan ukurannya tidak perlu terlalu besar. Namun jika sudah terlanjur memiliki polybag dengan ukuran yang relatif besar. Maka bisa menanam 2 sampai 3 bibit dalam satu tempat di polybag untuk efisiensi tempat.

Persiapan Bibit Bawang Merah

Bibit
kabartani.com

Ada dua tahapan dalam mendapatkan bibit tanaman ini. Yang pertama dapat membeli di toko pertanian atau yang kedua dengan memakai bibit dari sisa bahan masakan. Berikut dalam memilih bawang sebagai bibit:

  • Bawang merah yang akan ditanam adalah bawang merah yang sudah berumur. Salah satu cara untuk membedakan bawang merah yang berumur dan yang masih muda adalah dengan melihat warnanya. Bawang merah yang sudah berumur ini mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bawah merah yang masih muda.
  • Gunakan bawang merah yang memiliki sifat tunggal. Artinya Bawang merah tersebut belum memiliki anakan.
  • Pilih bawang merah yang telah terdeteksi memiliki tunas. Baik tunas di bagian atas maupun akar di bagian bawahnya.
  • Bawang merah yang dijadikan bibit tidak keriput.
  • Bawang merah belum busuk.

Media Tanam

Sesudah mendapatkan bibit yang berkualitas. Cara menanam bawang merah polybag selanjutnya adalah penanaman. Yaitu menyiapkan media tanam dan teknik menanam.

Tanah humus
hellosehat.com

  • Untuk media tanam, tanah yang digunakan haruslah yang menggunakan humus. Salah satu ciri tanah yang mengandung humus adalah banyaknya populasi cacing di dalamnya.
  • Pemupukan dasar bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah mengering. Sebagai campuran tanah dan pupuk dasar.
  • Kemudian tanah yang digunakan juga harus gembur. Karena selain mudah menyerap air nantinya memudahkan akar tanaman bergerak saat mulai tumbuh.

Menanam Bawang Merah ke Polybag

Menanam bibit polybag
lintasgayo.co

Apabila persiapan media tanam sudah selesai. Maka langkah selanjutnya yaitu menanamnya ke polybag. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukanlah tanah yang dicampur dengan pupuk tadi ke dalam polybag.
  • Jika tanah sudah dimasukan ke dalam polybag ada baiknya berilah sedikit air. Agar kelebaban tanah tetap terjaga.
  • Perlu diperhatikan sebelum ditanam. Pada bagian atas tanaman bawang merah yang mengerucut dapat dipotong dulu 1/4 bagian. Tujuannya yaitu untuk merangsang tumbuhnya tunas baru.
  • Waktu penanaman bagian yang terpotong tadi harus terletak di bagian atas. Untuk bagian bawah tanaman harus sudah terlihat titik-titik akar.
  • Selanjutnya bibit bawang merah yang akan ditanam janganlah dikubur seluruhnya. Sisakan sedikit bagian atasnya agar terkena paparan sinar matahari secara langsung dan agar bibit dapat menghirup udara.
  • Usakan waktu penanaman bibit ini dilakukan pada pagi hari atau dilkukan pada waktu sore hari. Karena jika penanaman dilkukan pada siang hari saat tumbuhan ini melakukan proses fotosinesis. Maka udara yang didapatkan akan lebih kering sehingga kurang baik untuk bibit.

Perawatan

Berikut beberapa langkah yang dapat ditempuh agar cara menanam bawang merah polybag menjadi sukses. Sehingga proses pemanenan menjadi lebih menyenangkan. Hasilnya pun melimpah.

Menyiram
kodim0813bojonegoro.mil.id

Saat tahap awal penanaman akan lebih baik jika interval waktu penyiraman dilakukan sebanyak dua kali. Yaitu saat pagi dan sore hari. Hal ini dimaksudkan agar tanah selalu dalam kondisi lembab. Namun jika tanaman sudah masuk usia 10 hari. Maka proses penyiraman dapat dilakukan sebanyak 1 kali saja dalam sehari.

Awasi Pertumbuhan Gulma

Mencabut hama
yuanlin.com

Pertumbuhan gulma yang liar akan merugikan sekali. Terutama jika memasuki musim penghujan. Karena pertumbuhannya akan lebih cepat dari pada saat musim kemarau. Untuk itu, seminggu 3-4 kali perlu mengecek pertumbuhan gulma ini. Jika menemukan mereka tumbuh di sekitar tanaman bawang merah maka sesegera mungkin cabut dan buang di tempat yang jauh.

Pupuk Lanjutan

Cara menanam bawang merah polybag berikutnya adalah dengan memberikan pupuk lanjutan. Biasanya dalam pemupukan ini akan menggunakan 2 jenis pupuk. Yaitu pupuk buah dan pupuk daun. Dua jenis pupuk ini akan memberikan dampak yang berbeda bagi tanaman bawang merah ini.

Pupuk lanjutan
distan.bulelengkab.go.id

Pupuk daun biasanya digunakan untuk memperbanyak dan melebatkan daun. Untuk pupuk buah adalah untuk menumbuhkan buah. Jadi pembaca yang budiman jika menginginkan penanaman bawang merah untuk diambil daunnya maka tinggal gunakan pupuk daun sebagai pupuk lanjutan. Begitu juga sebaliknya jika bawang merah ingin diambil umbinya maka gunakanlah pupuk buah sebagai pupuk lanjutannya.

Pengendalian Hama

Umumnya ada dua masalah yang biasa ditemui petani saat menanam bawang merah dalam polybag. Yaitu serangan hama ulat dan kondisi daun yang menguning layu. Berikut cara mengatasinya:

  • Jika terkena hama ulat maka akan terdapat bercak-bercak putih pada daun bawang. Bila diperhatikan lebih lanjut terdapat beberapa daun yang robek bekas dimakan ulat. Maka langkah yang bisa diambil untuk mengendalikannya adalah bisa menyemprotkan insektisida pada tanaman yang terkena hama ini. Namun jika serangan hama ini belum terlalu banyak disarankan untuk memetik daun yang terserang dan menghilangkan ulat yang bersarang di daun.

Hama Ulat
jogjapolitan.harianjogja.com

  • Jika menemukan penyakit layu. Penyebabnya adalah serangan jamur. Maka cara mengatasi dengan menyemprotkan fungisida. Namun jika menginginkan cara organik maka Anda bisa mencabut tanaman tersebut dan membakarnya. Mengapa harus sampai mencabut tanaman. Karena besar kemungkinan tanaman yang sudah layu. Kondisi bua atau umbi sudah membusuk. Maka harus segera mungkin mencabut agar tidak menular ke tanaman lain.

Panen Bawang Merah

Untuk waktu panen bawang merah ini biasanya 55 sampai 70 hari sejak masa tanam. Ciri-ciri bawang merah yang siap panen dapat dilihat dari daun yang bertambah tinggi dan 90% sudah merunduk.

Pemanenan
kabartani.com

Hal yang perlu dilakukan setelah bawang merah dipanen. Hasil panenan bis dijemur di bawah panas matahari selama  sampai 14 hari agar bawang merah bisa bertahan lebih lama karena kadar airnya tinggal 85% saja.

Pembaca yang budiman itu dia pembahasan tentang Cara menanam bawang merah polybag yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah. Anda dapat melakukan penanaman di area rumah sehingga pekarangan dapat dimanfaatkan dan tentu saja lebih produktif. Terimakasih dan semoga sukses!.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menanam Terong Ungu Agar Hasilnya Melimpah

Cara menanam terong ungu saat ini sudah mulai berkembang karena kebutuhan masyarakat akan tanaman ini juga ikut bertambah. Terong ungu bisa diolah berbagai macam...

Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Plastik mulsa sekarang sudah mulai populer di kalangan pengusaha petani terutama yang berada di lokasi pegunungan. Banyak perusahaan yang sudah menyediakan plastik mulsa yang...