Konsultasi Pertanian

Konsultasi Pertanian

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik (Mudah dan Menyenangkan)

Cara Mengusir Tikus di Sawah Maupun di Rumah

Mengusir tikus di sawah merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh petani dikala padi mulai tumbuh. Tikus atau dalam bahasa latin disebut dengan Rattus argentiventer bisa hidup...

Cara Menjadi Pemasok Sayur dan Buah di Supermarket (Market Modern)

Banyak petani yang mengeluhkan tentang pemasaran hasil produksi pertanian mereka, kadang mendapatkan harga mahal, kadang juga mendapatkan harga murah. Hal ini membuat banyak petani...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...

Cara Menanam Daun Sirih dengan Teknik Termudah

Cara menanam daun sirih. Indonesia tercinta adalah negara yang kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka). Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun...

Cara Menanam Pohon Kelor (Budidaya Lengkap sampai Pemanenan )

Cara menanam pohon kelor. Tanaman dengan nama lain Merunggai atau bahasa ilmiahnya Moringa oleifera ini adalah jenis tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman kelor ini...

Cara menanam bawang merah hidroponik. Bercocok tanam bawang merah dewasa ini dalam memilih media tanam tidak harus menggunakan tanah. Karena ada pilihan metode lain yang bisa digunakan dimana dalam pengerjaanya akan jauh lebih bersih. Cara itu adalah menggunakan metode hidroponik.

cara menanam bawang merah hidroponik
busy.org

Kebanyakan orang berpendapat bahwa sayuran yang dapat ditanam menggunakan sistem ini adalah sayuran daun, padahal sama sekali tidak demikian. Bisa dibilang tanaman sayur yang paling banyak ditanam dengan cara hidroponik adalah sayuran daun karena dalam pemeliharaanya lebih sederhana.

Namun seiring berjalannya waktu. Ada juga petani yang berhasil menanam sayuran bertipe umbi dengan cara hidroponik. Hasilnya pun cukup memuaskan, umbi bawang merah hampir memenuhi media tanamnya, daunnya hijau-hijau besar dan sangat subur pastinya.

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik dengan Sistem Wick

Pembaca yang budiman, jika tertarik cara menanam bawang merah hidroponik ini. Maka Anda dapat mempratekan sendiri di rumah. Sebelum melangkah ke proses membuat, tidak salahnya untuk mempersiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan yang paling penting disiapkan untuk jumlah banyak adalah botol bekas air mineral. Karena untuk cara hidroponik ini bahan tersebut akan dibutuhkan banyak untuk kegunaannya.

Untuk itu, berikut cara menanam bawang merah hidroponik dengan sistem wick:

Alat dan Bahan

Pada langkah awal persiapan alat dan bahan ini, Anda dapat menggunakan barang yang sudah tidak terpakai lagi, semisal botol bekas air mineral atau toples. Karena selain menghemat biaya, memanfaatkan barang yang tidak terpakai untuk menanam secara hidroponik ini. Dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sampah anorganik yang tidak bisa diurai. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:

Alat dan bahan
sangomah.com

  • Pot.
  • Tandon nutrisi (menggunakan botol bekas ataupun toples).
  • Gunting atau cutter.
  • Kain flanel.
  • Media tananam (cocopeat/ sabut kelapa atau bisa juga menggunakan arang sekam).
  • Bibit bawang merah.
  • Nutrisi hidroponik/ Nutrisi ab mix.
  • PH meter (Untuk mengukur tingkat keasaman)
  • TDS meter. (alat ini untuk mengukur ppm di dalam larutan nutrisi yang nantinya akan digunakan. PPM ini menunjukan nilai kepekatan untuk larutan nutrisi hidroponik.
  • Air.

Pot dan Tandon untuk Nutrisi Tanaman Hidroponik

Skema SIstem wick
bibitbunga.com_

Untuk pot dan tendon tanaman hidroponik ini. Dalam pembuatannya bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol bekas dan toples makanan. Berikut tahap-tahap pembuatannya:

  • Persiapkan pot dan tendon nutrisi. Ukuran pot sesuaikan dengan ukuran toples.
  • Bentuk lubang pada bagian tutup toples sesuaikan pula dengan bentuk pot yang disediakan.
  • Beri lubang udara di bagian samping toples berdiameter sekitar 1 cm.
  • Untuk posisi lubang udara dibuat sedikit lebih rendah yaitu di bawah posisi dasar pot.
  • Gunting kain flanel yang sudah disiapkan kemudian pasangkan pada pot.
  • Masukan media tanam pada pot.
  • Rekomendasi toples atau tandon sebaiknya di cat agar larutan atau nutrisi tidak ditumbuhi lumut.

Media Tanam yang Perlu Disiapkan

Cocopeat dan sekam
rumahhydroponic.blogspot.com

Cara menanam bawang merah hidroponik untuk media tanamnya bisa menggunakan salah satu dari  arang sekam atau cocopeat. Bisa juga dengan mencampur keduanya. Perbandingan yang digunakan adalah 1:1 (Yaitu 1 bagian arang sekam dan 1 bagian cocopeat ). Dilanjutkan dengan memasukan media tanam ke dalam pot, Namun sebelumnya bisa memasang sumbu kain flanel terlebih dahulu.

Bibit Bawang Merah yang Perlu Dipersiapkan

Bibit dari dapur
bisapinter.com

Untuk pemilihan bibit bisa menggunakan sisa bawang merah yang ada di dapur. Pilihlah umbi yang sudah berusia tua dan sudah kering. Adapun ciri-cirinya adalah umbi berwarna mengkilap dan padat. Upayakan memakai umbi yang sudah memiliki calon akar. Lalu potong sedikit pada bagian ujung bawang merah yaitu seperlima dari ukuran umbi bawang merah yang akan dibuat bibit.

Penanaman Bibit

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti pot, tandon nutrisi, media tanam dan bibit sudah lengkap. Maka cara menanam bawang merah hidroponik selanjutnya adalah penanaman bibit. Caranya adalah dengan membenamkan setengah bagian dari umbi ke dalam media tanam.

Menanam bibit
dkp.tasikmalayakota.go.id

Selanjutnya sebelum bibit ditanam untuk media tanam sebaiknya disiram dahulu menggunakan air biasa tanpa nutrisi. tempatkan di lokasi yang teduh selama 3 sampai 4 hari atau sampai tunas bawang merah terlihat. Apabila tunas sudah tumbuh kurang dari 1 cm, isi tandon menggunakan larutan nutrisi ab mix. Dari fase ini tanaman hidroponik dapat diperkenalkan dengan paparan sinar matahari secara penuh.

Kebutuhan PPM dan pH Nutrisi

Kebutuhan nutrisi ab mix terdiri dari 2 bagian, yaitu nutrisi A dan nutrisi B. Apabila nutrisi ab mix yang digunakan masih dalam bentuk padat ataupun serbuk, maka larutkanlah terlebih dahulu agar menjadi larutan induk. Cara melarutkan adalah  kedua nutrisi tadi dilarutkan secara terpisah dengan menggunakan dua wadah. Untuk lebih jelasnya cara membuat larutan nutrisi AB mix yang benar adalah:

Nutrisi AB Mix
tokopedia.com

  • Siapkan 2 wadah ember atau kaleng bekas. Masing-masing wadah diisi dengan air bersih sebanyak 5 liter. Tandai wadah semisal dengan tanda A dan tanda B.
  • Untuk wadah A diisi dulu dengan 4 liter air. Masukan nutrisi A yang masih berbentuk serbuk. Setelah larut sempurna tambahka air hingga menjadi 5 liter. Maka larutan A sudah siap.
  • Isi wadah B dengan 4 liter air juga. Buka kemasan nutrisi B dan masukan ke wadah sambil diaduk hingga larut. Setelah larut tambahkan juga air hingga menjadi 5 liter. Larutan pekatan B sudah siap.
  • Persiapkan 2 buah jerigen ukuran 5 liter yang telah dicuci bersih. Namai dengan jerigen A dan B. Kedua larutan A dan B simpanlah pada masing-masing jerigen ini. Perlu diperhatikan kedua larutan di atas adalah masih dalam bentuk pekatan sehingga perlu diencerkan dahulu.

Cara mengencerkannya adalah:

  • Masukan 5 ml pekatan nutrisi A dalam 1 liter air bersih kemudian aduk sampai rata. Maka larutan ini sudah siap digunakan. Perhatikan untuk jangan sekali-kali mencampur larutan A dan B yang masi pekat karena nantinya akan membentuk gumpalan kristal. Sehingga tidak dapat digunakan lagi.
  • Selanjutnya jika akan membuat 5 liter larutan siap pakai. Maka yang dilakukan adalah melarutkan 25 ml larutan pekat A dan 25 ml larutan pekat B dengan 5 liter air. Intinys setiap 5 ml larutan pekat A dan B menghasilkan 1 liter larutan nutrisi siap pakai.
  • Keterangan lain jika dalam kemasan tertulis 1000 liter dengan ppm 750. Maka artinya larutan nutrisi yang akan dibuat akan menghasilkan ppm dengan kadar 750.
  • Sehingga jika ingin membuat larutan siap pakai dengan ppm 1500. Maka harus menggunakan takaran dua kali lipatnya. Yaitu 10 ml pekatan A dan 10 pekatan B dilarutkan dengan 1 liter air. Sehingga akan menghasilkan larutan dengan ppm 1500 siap pakai.

Kebutuhan dari nutrisi PPM tanaman bawang merah adalah berbeda-beda pada tiap tahapan pertumbuhannya. Semakin tua umur bawang merah hidroponik ini maka kebutuhan PPM nutrisinya semakin tinggi juga. Oleh sebab itu, berikut dapat diinformasikan PPM nutrisi bawang merah hidroponik dari tahap awal penanaman sampai tahap panen:

  • PPM nutrisi pH ideal untuk tanaman bawang merah adalah 5,5 – 6,5
  • Awal penanaman (yaitu dihitung dari bibit yang mempunyai tunas 1 cm tadi) adalah 400 ppm.
  • Pada Minggu kedua = 800 pm.
  • Untuk Minggu ketiga = 1.000 ppm.
  • Minggu keempat = 1.000 ppm.
  • Selanjutnya Minggu kelima = 1.000 ppm.
  • Minggu keenam dan selanjutnya = 1.200 ppm.

Tahap Pemeliharaan dan Perawatan

Cara menanam bawang merah hidroponik selanjutnya. Yaitu kegiatan wajib dilakukan agar bawang merah hidroponik ini dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya pun sesuai keinginan. Tahap pemeliharaan dan perawatan ini tidaklah terlalu sulit karena cuma memastikan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dan menjaga kadar pH air tetap stabil.

Cek pH
randifarm.co.id

Lakukan pengecekan secara berkala pada larutan nutrisi tandon. Jaga agar tidak sampai kekeringan. Pakailah nutrisi dengan ppm yang sesuai dengan umur tanaman hidroponik. Cek juga pH air dengan menggunakan Ph meter secara rutin, upayakan pH ini tetap dalam keadaan yang stabil.

Tahap Panen

Panen Hidroponik
sumberplastik.co.id

Untuk tahap pemanenan, bawang merah hidroponik dapat dipanen pada usia 60 sampai 65 hari setelah tanam. Dapat juga diihat dari daun-daun yang sudah mulai merebah dan menguning. Apabila menginginkan bawang merah sebagai bibit, biarkan bawang merah sampai berumur tua dan mengering.

Demikian cara menanam bawang merah hidroponik. Semoga dapat dipraktekan sendiri di rumah pembaca sekalian. Salam sukses menanam!.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot Topics

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma agar Tumbuh Cantik

Cara menanam bunga wijaya kusuma atau lebih terkenal dengan sebutan Sang Ratu Malam. Mengapa bunga ini dijuluki demikian? Tentu saja karena bunga ini hanya beraktifitas...

Cara Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen

Cara menanam cabe merah keriting. Jika berbicara tentang cabe mungkin tidak ada habisnya. Karena dari jenisnya saja tanaman ini mempunyai jenis yang banyak, contohnya...

Cara Menanam Padi yang Baik dan Terbukti Hasil Melimpah

Cara menanam padi yang baik. Berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia. Tanaman berbahasa latin Oryza sativa...