Cara menanam bawang merah di rumah yang bisa melalui media polybag sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menanam di lahan perkebunan. Cuma menggunakan media polybag lebih mudah perawatannya karena bisa dipindah tempatkan sesuai dengan kebutuhan.

cara menanam bawang merah di rumah
jendelasarjana.com

Sebelum melangkah ke cara menanam bawang merah di rumah/polybag, tidak salahnya kalau kita mengetahui profil dari tanaman ini. Bawang merah bernama latin Allium cepa, sedangkan orang jawa menamai tanaman ini dengan sebutan “Brambang”. Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia) dan meyebar ke kawasan Asia lainnya. Akar tanaman ini berbentuk serabut dengan kedalaman 15-30 cm , sehingga bentuknya bercabang dan memecar.

Bagian batang tanaman ini disebut diskus. Mempunyai bentuk mirip cakram tipis berukuran pendek yang berguna sebagai tempat melekatnya mata tunas dan juga akar. Buah bawang merah bentukya bulat dengan ujung pangkalnya yang tumpul dan terbungkus oleh biji berjumlah 2-3 butir saja. Dengan ciri-ciri di atas wajar kalau bawang merah dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Sangat cocok hidup di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Manfaat Bawang Merah untuk Kulit dan Tubuh

manfaat bawang merah
disiniaja-bro.blogspot.com

Tanaman kaya akan manfaat ini mempunyai fungsi yang amat baik bagi tubuh manusia. Diantaranya dapat menghambat perkembangan sel-sel tumor maupun kanker, menyembuhkan luka di tenggorokan, anemia, batuk dan lain sebagainya. Banyaknya manfaat yang didapatkan karena sifat dari bawang merah yaitu inflamasi, tolbutomit, dan senyawa lainnya. Bawang merah sebagai mediator anti radang dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga melindungi sel dan jaringan tubuh dari penyebaran infeksi.

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah Lewat Media Polybag

Cara menanam bawah merah polybag adalah cara kreatif bagi orang yang mempunyai lahan sempit. Tapi punya semangat juang untuk membudidayakan tanaman bawang merah. Karena dengan modal yang tidak terlalu mahal dan memanfaatkan polybag. Maka kita sudah mendapatkan manfaat dan keutungan yang banyak selama kita kontinyu dalam merawat tanaman ini

polybag
belajarberkebun.com

Namun sebelum kita memulai cara menanam bawang merah di rumah menggunakan media polybag. Tidak salahnya untuk memperhatikan cara mengolah tanah dengan baik. Pertama adalah menggemburkan tanah, yaitu menggunakan alat cangkul untuk lahan yang ukurannya sedang. Namun jika menggunakan media polybag. Tanah yang sudah digemburkan tadi dipindahkan ke dalam polybag dengan ukuran dua cetok tanah. Sedangakn satu cetok ukuran untuk pupuk kompos, atau ukuran bisa disesuaikan dari besar kecilnya polybag yang akan digunakan. Kemudian tanah yang sudah siap tadi disiram air secukupnya.

Setelah tahap persiapan tanah selesai dapat dilanjutkan untuk cara menanam bawang merah dirumah selanjutnya. Sebetulnya sama dengan menanam  tanaman yang lain, ada tahapan yang harus dilampaui dalam menanam bawang merah. Ada keuntungan yang akan didapatkan, namun disamping keuntungan cara menanam bawang merah di  rumah, ada hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Yaitu menghindari tanaman bawang merah dari curah hujan dengan intensitas tinggi, karena jika tidak akan berdampak buruk bagi tanaman .

Maka dari itu, berikut tahapan yang harus dijalankan dalam menanam bawang merah di polybag:

1Pemilihan Bibit yang Berkualitas

pembibitan
kabartani.com

Kualitas bibit bawang merah yang baik adalah yang sudah disimpan selama kurang lebih 2-3 bulan. Kemudian bibit itu berasal dari hasil panen pada usia 70-90 hari. Di mana perlu membuat bibit bawang/ merah yang berkualitas yaitu bibit sudah mulai terlihat bakal tunasnya. Sehingga baik dalam pertumbuhannya, siap untuk ditanam dan hasil yang didapat juga berkualitas.

Cara menanam bawang merah yang baik adalah dengan memilih bakal tunas yang berasal dari tanaman yang sehat. Umbi terlihat cerah, tidak kisut, segar, dan tidak terapat bintik hitam yang disebabkan oleh jamur. Jangan menggunakan buah yang berukuran kecil. Karena bibit dari buah yang kecil membuat tumbuhnya tanaman kurang stabil dan hasilnya pun kurang memuaskan. Umbi bakal bibit juga harus berukuran seragam, tidak terdapat luka bekas pisau atau robek pada kulitnya.

2Persiapan Media Tanam

menyiapkan polybag
jualo.com

Cara menanam bawang merah di rumah harus mempersiapkan media tanam dengan baik. Jangan memilih tanah yang mampu menghimpun kadar air yang banyak seperti tanah liat. Jadi, pilih tanah berpasir yang mempunyai drainase yang baik. Adapun cara pencampurannya adalah tanah, arang sekam, dan pupuk kandang dicampur dengan perbandingan 1:1:1

Siapkan polybag dengan ukuran 20-30 cm, masukan semua campuran tadi didalamnya. Aduk-aduk lalu tekanlah dengan menggunakan tanah, jangan terlalu padat. Kemudian siapkan plastik berukuran sedang tutup bagian menggunakan plastik, namun jangan terlalu rapat dan diamkan selama 2 hari , agar media tersebut tercampur dengan sempurna.

3Proses Penanaman dan Proses Pemupukan

pemupukan
sajadah.com

Sebelum melakukan proses penanaman, pada bagian ujung umbi dipotong berukuran sekitar 1/3 – 1/4 bagian dari panjang umbi seluruhnya. Lalu buanglah kulit luar bibit yang sudah mengering. Tujuan dari pemotongan ini adalah agar umbi dapat tumbuh secara merata. Merangsang tumbuhnya tunas dan tumbuhnya umbi samping, mencegah terjadinya pembusukan serta mendorong terbentukya anakan.

Cara menanam bawang merah di rumah atau polybag. Yaitu dengan menggunakan 3 umbi bibit bawang merah per pot diatur jaraknya sekitar 10 cm antar umbi. Umbi ditanamkan ke dalam pot sampai terlihat leher umbinya saja.

Langkah selanjutnya adalah proses pemumukan. Pupuk diberikan setelah usia tanaman 3-4 minggu. Adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos atau pupuk kandang sejumlah satu kepal tangan orang dewasa setiap pot. Caranya adalah dengan menaburkan ke sekeliling tanaman. Jika ingin menggunakan pupuk non organik. Bisa menggunakan pupuk ZA sejumlah 5 gram setiap pot saat umur tanaman berusia 3-6 minggu. Bisa juga diberikan pada kurun waktu 3 minggu sekali.

4Proses Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman

merawat polybag
bengawanpost.com

Sebenarnya cukup mudah dalam pemeliharaan tanaman bawang merah. Hanya perlu melakukan penyiraman 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Penting untuk menghidari tanaman dari genangan air yang berlebihan karena dapat menyebabkan kebusukan. Selanjutnya adalah memastikan drainase pada pot dalam kondisi baik untuk mengalirkan air agar terhindar dari genangan air.

Tanaman dapat dipindahkan ke tempat yang lebih teduh saat musim penghujan tiba. Karena bawang merah akan sangat lemah jika terlalu banyak tersira air. Jika tanaman sudah berusia 2 bulan, dapat dikuramgi untuk waktu penyiranaman. Yaitu hanya saat sore hari saja, agar pertumbuhannya dapat maksimal.

5Tahap Akhir : Memanen

memanen
carabudidayakolam.blogspot.com

Saat usia tanaman menginjak 3 bulan, maka bawang merah siap untuk dipanen. Adapun ciri-ciri tanaman yang siap untuk dipanen. Adalah daun rebah berwarna kuning dan leher batang kosong, Sedangkan bentuk umbi menyembul kepermukaan tanah serta berwarna kemerahan.

Perlu diingat, dalam proses memanen jangan semuanya ikut dipanen. Sisakan untuk bibit. Maka diamkan selama 100 hari agar lebih tua, agar dapat dijadikan sebagai bibit yang sehat. Setelah bawang merah dipanen sebaiknya dijemur seminggu atau dua mingguan. Hal itu bertujuan agar kondisi buah dapat bertahan lama. Kemudian bawang merah disimpan dalam karung jala-jala dengan suhu berkisar 30-33°C.

Keterbatasan lahan bukan jadi halangan untuk tidak bercocok tanam. Kita sanggup memanfaatkan pot dan polybag. Jika maksud dari penanaman hanya untuk kebutuhan sehari-hari, maka dua atau tiga polybag sudah lebih dari cukup. Dengan begitu banyaknya manfaat dan kegunaan dari bawah merah, maka harganya bisa naik dan turun. Sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi jika kita mau menanamnya.

Demikian cara menanam bawang merah di rumah. Semoga dapat menambah wawasan Anda dalam budidaya tanaman rumahan (Bawang Merah). Dapat dipratekan di rumah Anda masing-masing, agar dapat meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan barang dapur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here